• PD Jawi Kembali Kelola Gedung AACC Bandung

    Oleh : Daulat Fajar Yanuar05 Maret 2017 19:08
    •  Share
    INILAH, Bandung - Perusahaan Daerah Jasa dan Kepariwisataan (PD Jawi) kembali mengelola Gedung Asia-Africa Culture Center (AACC) atau yang juga dikenal dengan nama 'New Majestic' yang terletak di Jl. Braga, Kota Bandung.

    Direktur PD Jawi Ade Didik Iskandar mengatakan, rencananya gedung tersebut akan dijadikan salah satu destinasi wisata di Kota Bandung.

    "Selain itu kami juga akan menjadikan pusat pertunjukan seni dan budaya Sunda bagi wisatawan lokal dan asing," kata Ade kepada wartawan di Bandung, Minggu (5/3/2017).

    Mengingat Gedung 'New Majestic' merupakan salah satu cagar budaya peninggalan sejarah, lanjut Ade, maka tidak akan ada perubahan yang signifikan terkait interiornya.

    Perubahan hanya akan dilakukan untuk mendukung tujuan utama fungsi gedung tersebut sebagai tempat pertunjukan seni dan budaya.


    "Visi gedung bersejarah dan bernilai tinggi ini ingin kembali menghadirkan pertunjukan budaya terutama budaya sunda,” jelasnya.

    Pihaknya, berharap dengan memfungsikan kembali gedung New Majestic sebagai gedung pertunjukan seni Budaya akan memberikan pengetahuan kesenian budaya Sunda kepada para wisatawan asing, termasuk wisatawan lokal.

    Oleh karena itu, PD Jawi dan Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Jawa Barat akan membuat pertunjukan kesenian sunda secara rutin, minimalnya dua kali dalam satu minggu.

    Dikatakan Ade, nantinya pendapatan dari pertunjukkan ‎seni budaya sunda yang akan digelar rutin tersebut, juga akan disubsidikan untuk kegiatan-kegiatan seni budaya di gedung New Majestic, yang sifatnya sendiri adalah pendidikan.

    “Tidak perlu malu untuk mengkomersilkan budaya dan pariwisata karena memang harus komersial. Di Bali saja bisa berhasil karena punya model bisnis‎nya. Di sini kita juga akan buat model bisnisnya,” tutur dia.

    Seperti diketahui, berdasarkan nilai historisnya, salah satu gedung ikonik dan bersejarah yang terletak di Jl. Braga itu sebelumnya merupakan sebuah Gedung Bioskop bernama Concordia. Dibangun pada tahun 1925 oleh Prof. C. P. Wolff Schoemaker. Namun seiring waktu, gedung itu pun beberapa kali berganti nama, mengikuti perkembangan zaman pula. Seiring menjamurnya bioskop modern di Kota Bandung, Corcodia pun meredup.

    “Intinya visi ke depan New Majestic bisa menjadi ikon dan broadway-nya Braga. Sejarahnya dulu kawasan ini memang broadwaynya Bandung,” pungkasnya. [jek]


-->