• Demiz : Seni Media Dakwah yang Efektif

    Oleh : Daulat Fajar Yanuar16 April 2017 11:34
    INILAH, Tasikmalaya - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan bidang seni dapat menjadi salah satu media dakwah, menyebarkan ajaran, dan menyampaikan risalah Islam. Menurutnya, media seni dapat lebih diterima dan lebih efisien.

    Dia menjelaskan, media seni dalam bentuk sastra dan film menjadi sarana dakwah yang sudah hadir sejak lama. Keduanya banyak dimanfaatkan oleh para kyai atau ulama nasional.

    Efektivitas kedua media tersebut saat ini bahkan dapat lebih disebarluaskan dengan mudah melalui gawai dan jaringan media sosial.

    "Seni adalah medium untuk berdakwah, bisa dimanfaatkan untuk yang baik atau bahkan yang tidak baik sekalipun. Seni bisa dijadikan medium yang dampaknya luar biasa," kata Demiz dalam perayaan Milad ke-100 Ponpes Cintawana, Tasikmalaya, Sabtu (15/4).

    "Film salah satu yang efektif, dalam satu detik bisa menggerakkan 25 frame, bisabuat penontonnya emosional menangis atau tertawa," tambahnya.

    Media sastra pun tak jauh berbeda, melalui sebuah tulisan dakwah akan tersampaikan melalui kata yang akan menjelaskan makna atau substansi baik dalam bentuk novel ataupun puisi.

    "Sastra bisa menyampaikan pesan-pesan kebajikan, seperti puisi yang bisa menyentuh perasaan yang secara efektif menyampaikan substansi," pungkas Demiz. [jek]