• Iwa : Peran Ulama Sangat Penting Bagi Pemerintah Jabar

    Oleh : Dea Andriyawan19 April 2017 17:08

    INILAH, Bandung - Peran ulama, ustadz dan guru ngaji sangat penting untuk membentuk sumber daya manusia di Jawa Barat. Pembangunan pendidikan karakater yang dilakukan para ulama sangat membantu membentuk masyarakat yang baik.

    "Peran ulama sangat penting bagi pemerintah Jawa Barat, terutama dalam mengawal masyarakat Jawa Barat lebih cerdas, pintar dan berakhlaq mulia," tutur Sekretaris Jawa Barat Iwa Karniwa usai menjadi pembicara dalam stadium general MUI Jawa Barat di Bandung, Rabu (19/4/2017).

    Terlebih karakter masyarakat Jawa barat yang agamis lanjut Iwa, tidak lepas dari peran ulama dalam memberikan bimbingan karakter. Pendidikan karakter yang berorientasi nilai-nilai agama menurut Iwa sangat penting bagi pembangunan sumber daya manusia di Jabar.

    "Bimbingan ulama tentu menjadi penambah spirit bagi masyarakat, dengan pendidikan keagamaan ditambah pendidikan formal, kualitas sumber daya manusia menjadi lebih maju," ujarnya.

    Selain pendidikan karakter yang berlandaskan nilai-nilai agama islam, ulama pun tambah Iwa sangat diharapkan terus memberikan masukan-masukan positif kepada pemerintah.

    "Kami di pemerintah sangat membutuhkan masukan dari para ulama dan alhamdulillah tadi baik kepada diri saya pribadi maupun pemerintah ada beberapa saran dari MUI," imbuhnya.

    Sementara itu, Sekretaris Umum MUI Jawa Barat Rafani Achyar mengatakan sebagai organisasi keagamaan terbesar di Indonesia, pihaknya akan terus berupaya untuk terus membimbing masyarakat.

    "MUI ingin mencerdaskan masyarakat yang tentunya membutuhkan sinergitas dengan pemerintah," tuturnya.

    Untuk itu, hal tersebut yang mendasari mengapa mengundang Sekda Jawa Barat untuk memberikan wawasan dalam membangun jawa barat kepada pengurus MUI Kota/Kabupaten. [jek]