• DPRD Jabar Tunggu Ajuan Anggaran dari Pemprov

    Oleh : Dea Andriyawan09 Juli 2017 19:39
    INILAH, Bandung - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat saat ini tengah menunggu ajuan anggaran hasil Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

    Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Ade Barkah mengatakan, legislatif kini tengah bersiap membahas APBD 2018. Pertengahan Juli ini, dewan berharap eksekutif sudah menyerahkan pengajuan anggaran dalam waktu dekat, sehingga tidak akan mengganggu kegiatan pembangunan akibat anggaran telat turun.

    "Soal penganggaran kita kan baru selesai Musrenbang, mungkin pekan depan eksekutif sudah memasukkan KUA PPAS-nya ke DPRD. Mudah-mudahan pertengahan Juli ini sudah masuk supaya penganggarannya tidak terlambat," ungkap Ade saat dihubungi, Minggu (9/7/2017).

    Menurutnya, program pembangunan paling prioritas akan disesuaikan dengan amanat undang-undang dan sesuai RPJMD, seperti pendidikan dan kesehatan. Program lainnya adalah infrastruktur di Jawa Barat yang masih harus digenjot karena masih banyak fasilitas vital masyarakat yang terbilang belum memadai.

    "Maka butuh suntikan-suntikan yang fantastis karena besar jumlahnya," ujar Ade.

    Politikus Golkar ini mengingatkan jangan sampai hingar bingar Pilkada Serentak yang akan dilakukan 2018 mendatang, malah mengganggu penganggaran ideal seperti pendidikan dan kesehatan.

    "Ya jangan sampai lah. Tapi anggaran pilkada kan sudah aman, gak akan mengganggu karena itu wajib," katanya.

    Kalaupun sampai terganggu, lanjut dia, pastinya perencanaan anggaran akan sia-sia karena pemerintah pusat dapat dipastikan akan mengembalikan rencana anggaran untuk dikoreksi.

    "Kalau anggaran pendidikan kurang dari 20persen misalnya, evaluasi dari Mendagri akan dikembalikan kepada kita. Harus dipenuhi dulu baru bisa disahkan. Jangan ambil risiko," pungkasnya. [jek]