• Kekeringan Melanda 496 Desa di Jabar

    Oleh : Dadi Haryadi11 September 2017 20:06
    INILAH, Bandung - Dampak kemarau terus meluas di Jawa Barat. Pemerintah Provinsi sedang mengajukan status siaga darurat kekeringan.

    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Dicky Saromi mengatakan kekeringan melanda 496 desa di 176 kecamatan dan 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

    "Jumlah warga yang terdampak mencapai 936.328 jiwa penduduk," ujarnya saat dihubungi INILAH, Senin (11/9/2017).

    Dia mengatakan berdasarkan hasil rapat BPBD Jabar pada 7 September lalu, pihaknya berencana mengajukan penetapan status siaga darurat kekeringan. Pasalnya, terus terjadi peningkatan jumlah daerah yang mengalami kekeringan.

    Lebih lanjut dituturkannya, delapan kepala daerah kabupaten/kota telah mengeluarkan status siaga darurat kekeringan yaitu Kabupaten Ciamis, Cianjur, Indramayu, Karawang, Kuningan, Sukabumi, Kota Banjar, dan Kota Tasikmalaya.

    "Indramayu menjadi daerah terdampak kekeringan paling luas mencapai 176 jiwa," katanya.

    Menurutnya, kondisi kemarau tahun ini belum terlalu parah seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

    Namun, dampak kekeringan terjadi merata di seluruh wilayah khususnya wilayah bagian tengah dan utara Jawa Barat.

    Sebagai langkah antisipasi, pihaknya memberikan bantuan logistik secara langsung melalui pendistribusian mobil tanki air.

    "Kami juga terus berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota. Mereka bisa meminta bantuan ke pemerintah provinsi atau kita bantu sampaikan ke pusa," bebernya. [jek]



meikarta.. the world of ours