• Headline

    Jabar Sediakan 600 ribu Ekor Hewan Kurban

    Oleh : Rianto Nurdiansyah14 Agustus 2018 11:58
    INILAH, Bandung-Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika mengatakan pihaknya menyediakan sekitar 600 ribu ekor hewan kurban di tahun 2018 ini. Jumlah tersebut mencakup domba, kambing dan sapi.

    Dewi sampaikan, ada peningkatan kebutuhan hewan kurban disandingkan tahun lalu, di mana total 263 ribu ekor.

    "Sekarang ada peningkatan sekitar 10-15% tapi penyediaan kita hampir 600 ribuan. Jadi itu kan biasanya ada pemilihan dan sebagainya," ujar Dewi di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (14/8).

    Meski demikian, dia mengaku tak seluruh hewan kurban itu disiapkan dari Jawa Barat. Beberapa didatangkan dari Jawa Timur dan Jawa Tengah, khususnya untuk sapi dan kambing Jawarandu.

    "Karena sekitaran Bogor, Bekasi itu biasanya lebih suka sama kambing Jawarandu, biasanya didatangkan Jawa Tengah dan Jawa Timur," katanya.

    Selain itu, pihaknya juga melakukan antisipasi adanya penyakit pada hewan kurban. Tak terkecuali virus antraks yang sempat ditemukan tahun 2008 lalu pada sapi perah di Bogor.

    Dewi juga tak menampik, ada lima kabupaten dan tiga kota di Jabar yang disebut sebagai daerah endemik antraks. Lima kabupaten itu adalah Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta dan Kabupatén Kerawang. Adapun tiga kota, yaitu Kota Depok, Kota Bogor dan Kota Bekasi.

    "Selalu kita lakukan salah satunya vaksinasi, kemudian ada daerah daerah spot-spot yang memang daerah endemik antraks. Alhamdulillah sejak 2008 hingga sekarang itu tidak pernah ditemukan lagi," paparnya.

    Lanjut dia, termasuk hewan kurban yang didatangkan dari luar daerah pun akan mendapat perhatian khusus. Seperti dari Jawa Timur dan Jawa Tengah.

    "Itu menjadi perhatian khusus, karena bagaimanapun ada jenis jenis penyakit yang menular antara hewan itu sendiri, kemudian hewan ke manusia atau sebaliknya," jelas Dewi.

    Disampaikan Dewi, Jabar memiliki tim Pemeriksa Hewan Kurban. Setidaknya ada 200 personel yang dilepas oleh Pejabat Gubernur Jabar Mochamad Iriawan di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (14/8). Namun secara keseluruhan, sudah ada 1.911 personel yang sudah dinyatakan siap mengoptimalkan pelaksanaan kurban di Jabar.

    "Baru kemudian ada pelatihan tahun ini ada sekitar 1.320 walaupun ada yang secara mandiri para DKM juga melakukam pelatihan-pelatihan," pungkasnya.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT