• Cara Unik Purwakarta Mendorong Pencak Silat Lebih Mendunia

    Oleh : Asep Mulyana21 April 2017 16:53
    INILAH, Purwakarta - Pemkab Purwakarta, memiliki cara unik untuk mendorong kebudayaan dan tradisi khas Indonesia supaya lebih mendunia.‎ Salah satunya, melalui berbagai event skala internasional dan kerjasama lintas negara.

    Seperti halnya kegiatan yang digelar Jumat (21/4) malam , melalui festival Bela Diri Dunia, pemerintah setempat berupaya mendorong Pencak Silat menjadi warisan leluhur yang harus lebih dikenal di kancah internasional.

    Menurut Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, Pencak silat merupakan kaidah dasar karakter manusia Indonesia.‎ Dalam seni beladiri khas nusantara ini, terkandung makna falsafah yang sangat mendalam.

    Arti Pencak, kata dia, berm‎akna panca atau lima. Sedangkan 'Silat' mengandung arti gerak. Jadi, Pencak silat merupakan lima Dasar gerak tubuh manusia.

    "Pencak Silat, termaknai sebaga lima falsafah yang harus menjadi pegangan masyarakat," ujar Dedi, Jumat (21/4).

    Ke lima makna falsafah tersebut, antara lain berserah diri kepada Tuhan secara total. Saling menghormati kepada sesama manusia. Mencintai tanah airnya. Memiliki keteguhan dan keyakinan yang sangat kuat. Serta, bisa menebar persaudaraan.

    "Jadi, makna sesungguhnya pencak silat bukan untuk berkelahi. Tapi, lebih kepada proses pembentukan karakter manusia," kata dia.

    Jadi, kata dia, inilah salah satu yang menjadi alasan kenapa dalam festival beladiri dunia kali ini dikhususkan mengambil cabang olahraga Pencak Silat.

    Selain upaya mendorong pencaksilat menjadi tradisi khas Indonesia yang mendunia, kegiatan ini sekaligus mengingatkan masyarakat jika tradisi yang menjadi warisan nenek moyang ini harus dijaga dengan baik.

    Tak hanya itu, ‎tujuan dari acara tersebut salah satunya untuk membangun komunikasi budaya antar negara. Dengan ini, diharapkan masyarakat bisa lebih mengenal kebudayaan khas Indonesia yang telah berkembang di luar negeri.‎ Dengan gelaran ini pihaknya pun ingin memperlihatkan kepada dunia, jika Indonesia kaya akan kebudayaan.

    "Khasanah kebudayaan merupakan dasar kekuatan bangsa. Dan pencak silat menjadi salah satunya. Makanya, kali ini tema yang kami ambil adalah Pencak Silat," jela‎s dia.

    Untuk perwakilan Indonesia sendiri, kata dia, akan mempertunjukan Pencak Silat khas beberapa daerah. Misalnya, Pencak silat khas Garut, Pangandaran, Cimande, Pleredan dan lain-lain.

    "Yang perlu kami tegaskan, festival ini bukan hanya ajang adu ketangkasan. Tapi, pertunjukan seni bela diri yang lebih dilihat dari sisi estetika dan keindahan gerak," pungkasnya. [ito]