• Produksi Padi di Kabupaten Cirebon Terancam Terganggu

    Oleh : erika12 September 2017 16:01
    INILAH, Cirebon- Produksi ribuan hektar padi di Kabupaten Cirebon terancam terganggu akibat kekeringan pada kemarau tahun ini.

    Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Ali Efendi menyebutkan, luas areal tanaman padi yang mengalami kekeringan mencapai 1.173 hektar. Dari jumlah itu, setidaknya 679 hektar terkategori kekeringan ringan, 199 hektar kekeringan sedang, dan 295 hektar kekeringan berat.

    "Kalau tak segera dapat air, kekeringan ringan akan jadi berat dan yang mengalami kekeringan berat bisa puso (gagal panen)," bebernya.

    Areal padi yang kekeringan, lanjutnya, di antaranya tersebar di Kecamatan Mundu, Kapetakan, Suranenggala, dan Gunungjati, dengan rata-rata usia tanaman 15 hari hingga menjelang panen. Kurangnya pasokan air dari irigasi menyebabkan padi kekeringan.

    "Untuk areal padi di Kecamatan Gunungjati, Kapetakan, dan Suranenggala, pasokan air berasal dari Bendung Rentang di Kabupaten Majalengka, yang bersumber dari Bendungan Jatigede, Kabupaten Sumedang," katanya.

    Pihaknya meminta tambahan pasokan air dan pengawalan agar air bisa sampai ke areal padi. Dia meyakinkan, produksi padi akan terganggu dan petani merugi besar bila kekeringan itu tak segera diatasi.

    Luas tanam gadu di Kabupaten Cirebon sendiri saat ini mencapai 92.271 hektar. Dari luas itu, yang sudah panen mencapai 69.172 hektar dan sekitar 23 ribu hektar sisanya belum panen.

    Dia menyebutkan, produktivitas padi pada musim tanam kali ini menurun dari biasanya rata-rata 6,5 ton/hektar menjadi rata-rata 5,6 ton/hektar. Penurunan diklaimnya akibat serangan hama kerdil hampa (klowor) beberapa waktu lalu.

    Sementara itu, para petani di Kabupaten Indramayu mengharapkan stok pupuk aman untuk menghadapi musim tanam rendeng 2017/2018. Hal itu agar pelaksanaan musim tanam tak terhambat.

    "Pupuk harus tersedia sesuai kebutuhan petani," pinta Wakil Ketua kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Indramayu, Sutatang.

    Awal musim tanam rendeng di Kabupaten Indramayu diperkirakan awal Oktober 2017. Daerah yang biasanya pertama melakukan musim tanam di [ito]