• Headline

    Presiden Jokowi Batal Buka FKN XI di Cirebon

    Oleh : erika14 September 2017 17:37
    INILAH, Cirebon- Presiden RI Joko Widodo batal membuka Festival Keraton Nusantara (FKN) XI di Cirebon sebagaimana diagendakan semula. Rangkaian even besar ini rencananya dimulai Jumat (15/9) malam.

    Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis mengungkapkan, Presiden akhirnya hanya diagendakan menghadiri penutupan FKN pada Senin (18/9). Presiden pun akan bertemu dengan raja dan sultan se-Nusantara.

    "Kunjungan Presiden disesuaikan dengan agenda beliau (presiden)," katanya saat mengecek persiapan FKN di salah satu lokasi, Taman Air Goa Sunyaragi di Kota Cirebon.

    Pembukaan FKN sendiri selanjutnya akan dilakukan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. Ratusan raja dan sultan se-Nusantara bakal mengikuti FKN yang akan diawali dengan Welcome Dinner, Jumat (15/9) di Taman Air Goa Sunyaragi.

    FKN XI resmi dibuka Gubernur Jabar pada Sabtu (16/9). Selanjutnya, serangkaian kegiatan digelar hingga Selasa (19/9), di antaranya pagelaran seni dan kirab agung prajurit keraton se-Nusantara, pagelaran kesenian oleh keraton se-Nusantara, pameran benda pusaka, pameran kerajinan rakyat Jabar dan produk kreatif, hingga musyawarah raja dan sultan se-Nusantara.

    Hingga H-1, Azis meyakinkan, persiapan FKN sudah rampung. Hanya perlu penyempurnaan di sejumlah bagian.

    "Ada seratusan raja dan sultan se-Nusantara yang akan hadir. Pada parade budaya, semua peserta sepertinya akan all out, kami pun berusaha memberi tempat terbaik," tuturnya.

    Sementara itu, juru bicara Keraton Kanoman Cirebon, Ratu Raja Arimbi memastikan, Keraton Kanoman sebagai salah satu peserta FKN akan menampilkan yang terbaik. Keraton Kanoman sendiri menjadi salah satu lokasi pameran benda-benda pusaka keraton se-Nusantara dan industri kreatif maupun kuliner.

    "Kami juga akan menampilkan Tari Bedaya Rimbe, sebuah tarian klasik yang beberapa tahun terakhir kami coba hidupkan kembali untuk dikenalkan kepada generasi muda," paparnya.

    Tari Bedaya Rimbe sendiri merupakan tarian persembahan bagi para tamu, yang ditampilkan penari keturunan Keraton Kanoman. Dalam kesempatan itu, ia pun mengapresiasi peran serta warga maupun seniman Cirebon dan Jabar, dalam upayanya mendukung FKN.[ito]