• Headline

    Agus Tuding DPC Demokrat Sabotase Pencalonannya Sebagai Cabup Cirebon

    Oleh : Erika Lia Lestari13 Oktober 2017 17:40
    INILAH, Cirebon- Partai Demokrat Kabupaten Cirebon dituding telah menyabotase proses pendaftaran salah seorang bakal calon Bupati Cirebon, Agus Hidayat Prayudha.

    Agus telah menyerahkan berkas pendaftarannya sebagai calon bupati ke DPC Partai Demokrat Kabupaten Cirebon. Namun, dia mengklaim, hingga kini berkas pendaftarannya tak kunjung diterima DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat.

    Agus menjelaskan, dirinya resmi mendaftarkan diri ke DPC Partai Demokrat Kabupaten Cirebon pada 28 September 2017. Berdasar surat keputusan DPP Partai Demokrat yang dikeluarkan pada 18 September 2017, penjaringan Pilkada 2018 di seluruh Indonesia diperpanjang hingga 30 September 2017.

    Seharusnya, lanjut dia, berkas bakal calon bupati sudah masuk ke DPD Partai Demokrat Provinsi Jabar. Namun, hingga kini berkas yang sudah diserahkan dirinya ke DPC belum juga sampai ke DPD.

    "Saya sudah bertemu Ketua DPD Partai Demokrat Jabar, Iwan Sulandjana yang menyampaikan berkas saya tak masuk. Jelas-jelas ada sabotase dari DPC," tudingnya, Jumat (13/10).

    Dia tak mengetahui kemungkinan alasan sabotase atas dirinya. Namun pengalaman itu telah membuatnya menilai DPC Partai Demokrat Kabupaten Cirebon melakukan hal yang tidak sehat.

    Agus dikenal sebagai salah seorang perintis Partai Demokrat Kabupaten Cirebon. Dia pernah menjabat sebagai Sekretaris Verifikasi HAM DPC Kabupaten Cirebon pada 2003.

    Terpisah, Ketua Bapilu sekaligus Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Bupati Cirebon DPC Partai Demokrat Kabupaten Cirebon, Didi Rusdiana menerangkan, pihaknya telah menerima berkas pendaftaran Agus pada 28 September 2017.

    Hanya, pihaknya tak bisa memproses berkas Agus dengan alasan waktu yang terbatas dan berkas yang diterima belum lengkap.

    "Limit waktunya tak mumpuni, jadi tak diproses. Persyaratan juga masih banyak yang kurang," jelasnya.

    Dia meyakinkan, penolakan itu tak hanya dihadapi Agus saja mengingat beberapa bakal calon bupati Cirebon lainnya pun mengalami hal serupa. Dia pun memastikan, tak ada upaya sabotase seperti dituduhkan Agus.

    "Tak ada sabotase sama sekali, ini karena waktunya saja (mepet)," ujarnya. [ito]