• Bencana Landa 2 Kecamatan di Sukabumi

    Oleh : redaksi20 Januari 2018 11:00
    ilustrasi
    INILAH, Sukabumi - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mencatat pada Jumat(19/1) terjadi dua kasus bencana di wilayah selatan.

    "Dua lokasi bencana tersebut terjadi di Kampung Sindanglaya RT 05/02, Desa Bojonggenteng, Kecamatan Jampang Kulon dan Kampung Cisuren RT 06/04, Desa Hegarmulya, Kecamatan Cidadap," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Usman Jaelani didamping Koordinator Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kabupaten Sukabumi Yana Rusyana di Sukabumi.

    Menurutnya, untuk di Kecamatan Jampang Julon terjadi bencana luapan air sungai yang mengakibatkan jembatan dan jalan penghubung antardesa amblas. Kemudian, di Kecamatan Cidadap satu unit rumah rusak berat akibat bencana kebakaran yang disebabkan korsleting listring.

    Pada bencana ini tidak ada korban jiwa, namun akibat amblasnya fasilitas umum tersebut arus lalu lintas menjadi terganggu. Sementara, korban bencana kebakaran sudah diungsikan ke rumah tetangga dan saudaranya terdekat.

    Selain itu, bantuan darurat pun sudah dikirimkan untuk warga yang menjadi korban bencana. Dan untuk jembatan yang rusak, pihaknya tengah membangun jembatan darurat.

    "Di awal tahun ini kejadian bencana alam cukup tinggi yang disebabkan curah hujan disertai angin kencang. Bahkan tidak hanya bencana longsor, banjir dan lain-lain, tetapi kebakaran pun kejadiannya cukup tinggi yang disebabkan kelalaian," tambahnya.

    Yana mengatakan di awal 2018 ini sudah terjadi puluhan kali bencana, tetapi dari laporan yang masuk ke pihaknya, tidak ada korban jiwa. Hanya saja puluhan hingga ratusan rumah warga rusak.

    Maka dari itu, relawan BPBD diinstruksikan agar selalu waspada dan siaga antisipasi terjadinya bencana untuk meminimalisasikan dampaknya.


    Tags :


    Berita TERKAIT