• Lagi, Banjir Landa Cirebon

    Oleh : erika11 Maret 2018 18:13
    fotografer: Erika Lia Lestari
    INILAH, Cirebon- Sejumlah kawasan di Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon kembali dilanda banjir akibat tingginya intensitas hujan.

    Berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir setidaknya melanda pemukiman warga di sejumlah kecamatan seperti Ciledug, Pasaleman, Waled, Kedawung, Gunungjati, dan Jamblang. Beberapa desa terendam air dengan ketinggian bervariasi, mulai sekitar 40 centimeter hingga 1 meter.

    "Hujan terus turun sejak Sabtu (10/3) sampai Minggu (11/3). Sepertinya di daerah hulu (Kabupaten Kuningan) hujannya juga terus turun, makanya air yang mengalir ke hilir (Cirebon) jadi melimpah," ungkap seorang warga Gunungjati, Dwi.

    Sebagian warga pun mengungsi ke rumah sanak saudara hingga kantor kecamatan demi menghindari banjir. Namun, tak sedikit pula yang enggan mengungsi, seperti warga di Desa Wanakaya, Kecamatan Gunungjati, yang lebih menanti air surut di rumahnya masing-masing.

    Namun begitu, sedikitnya dua regu tim SAR yang terdiri dari 20 personil anggota Detasemen C Pelopor Satuan Brimob Polda Jawa Barat mengevakuasi warga di Desa Wanakaya ke lokasi pengungsian. Komandan Detasemen C Pelopor Satbrimobda Jabar, AKBP Widodo mengaku, evakuasi dilakukan setelah memperoleh informasi dari warga terkait banjir.

    "Kami langsung mengirim personil SAR Brimob, lengkap dengan perlengkapan seperti perahu karet dan lainnya, untuk membantu warga yang perlu di evakuasi," jelasnya, Minggu (11/3).

    Pihaknya sekaligus mengungkapkan keprihatinan atas musibah banjir yang masih menimpa warga di sejumlah wilayah di Cirebon selama musim penghujan ini. Dia pun menjamin, personilnya siap siaga membantu korban banjir, terutama warga lansia, anak-anak, maupun yang sakit.

    Lebih jauh, dia mengharapkan warga waspada dan kerjasama warga dalam hal ini, terutama dalam memberikan informasi akurat. Selain tim Detasemen C Pelopor Satbrimobda Jabar, Tim BPBD Kabupaten Cirebon, TNI AL, Polres Cirebon dan unit lain pun telah berada di lokasi untuk melakukan upaya evakuasi dan penanganan lainnya.

    Sementara diketahui, tak hanya di Kabupaten Cirebon, banjir juga melanda beberapa lokasi di Kota Cirebon, terutama jalanan hingga cukup menyebabkan gangguan terhadap arus lalu lintas. Air setidaknya merendam jalur by pass Jalan Brigjen Dharsono, Jalan Terusan Pemuda, maupun Jalan Cipto Mangunkusumo.

    Hingga Minggu (11/3), banjir masih merendam sejumlah lokasi di Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon. Warga pun berharap air segera surut agar mereka bisa kembali beraktivitas seperti biasa.[jek]


    TAG :


    Berita TERKAIT