• Dinkes Purwakarta Siapkan Posko Kesehatan di Titik Krusial Jalur Mudik

    Oleh : Asep Mulyana07 Juni 2018 13:21
    fotografer: Asep Mulyana
    INILAH, Purwakarta - Jelang mudik lebaran 2018, sejumlah intansi pemerintahan di Kabupaten Purwakarta, turut menyibukan diri. Salah satunya, Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

    Hal tersebut, tak lain untuk membantu kelancaran saat pelaksanaan ritual tahunan itu.Mengingat, sampai saat ini, baik jalur arteri maupun nasional yang ada di wilayah tersebut masih menjadi andalan bagi para pemudik.

    Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, Dadan mengaku, setiap tahun dinasnya memang kerap turut andil untuk membantu kelancaran saat mudik lebaran. Salah satu upaya yang dilakukannya, yakni dengan menyiagakan sejumlah posko kesehatan di titik krusial.

    "Kami turut menyiapkan posko kesehatan, berikut paramedisnya. Posko ini, tersebar di sejumlah titik di jalur lintasan para pemudik," ujar Dadan kepada INILAH di posko kesehatan Rest Area KM 88 Tol Purbaleunyi, Kamis (7/6/2018).

    Saat ini, sudah ada enam posko kesehatan besar di beberapa titik jalur krusial. Masing-masing, di sekitar Perempatan Ciganea, Sadang, Cikopo dan Pasar Jumat (pusat kota). Kemudian, dua posko lainnya disiapkan di Rest Area KM 88 dan KM 72 Tol Purbaleunyi.

    "Di setiap posko kesehatan ini, kami juga menyiagakan ambulans," jelas dia.

    Selain posko kesehatan besar di jalur mudik, sambung dia, pihaknya pun menyiagakan puskesmas yang ada untuk membuka pelayanan 24 jam selama arus mudik dan balik lebaran.

    Pihaknya berharap, dengan adanya pos kesehatan ini para pemudik bisa terbantu. Jika merasa kelelahan, mereka bisa segera beristirahat di pos pelayanan ini.

    "Bila terasa tanda-tanda sakit selama di perjalanan, pemudik bisa meminta obat dan memeriksakan diri ke petugas medis yang tersedia di pos kesehatan ini," tambah dia.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT