• Headline

    Padat, Tol ke Jakarta Satu Arah

    Oleh : erika19 Juni 2018 19:45
    fotografer: Erika Lia Lestari
    INILAH, Cirebon- Kebijakan satu arah (one way) diberlakukan petugas di jalur Tol Palimanan, Kabupaten Cirebon, hingga Cawang, Jakarta, terhadap kendaraan pemudik yang melaju ke arah Jakarta pada H+4 Lebaran, Selasa (19/6).

    Kepadatan kendaraan pemudik memaksa petugas memberlakukan satu arah di jalur tol pada arus balik tahun ini. Situasi arus lalu lintas pada H+4 diperkirakan menjadi puncak arus balik, yang diprediksi akan berlangsung hingga H+5 atau Rabu (20/6).

    Satu arah di Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) diberlakukan mulai sekitar pukul 15.00 WIB terhadap kendaraan yang melaju menuju Jakarta. Sebaliknya, kendaraan dari arah Jawa Tengah dialihkan ke jalur arteri.

    Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa mengungkapkan, tak menutup kemungkinan satu arah akan diberlakukan sejak dari Tegal, Jawa Tengah. Kebijakan itu akan dilaksanakan bila kepadatan kendaraan di tol masih terjadi.

    "Kalau mungkin, one way dari Tegal sampai Palimanan, terus ke Jakarta," katanya.

    Dengan kata lain, sistem satu arah diberlakukan situasional mengingat volume kendaraan masih tinggi. Pada H+4, setidaknya hingga pukul 14.00 WIB, sedikitnya 37.585 unit kendaraan melintasi tol menuju Jakarta, sedangkan 6.450 unit kendaraan mengarah ke Jateng.

    Sebelum diberlakukan satu arah, kepadatan kendaraan sempat terjadi rest area tol yang membuat petugas memberlakukan contra flow di Tol Palikanci, sekitar pukul 12.30 WIB. Contra flow terhadap kendaraan yang melaju ke arah Jakarta itu dilakukan dengan maksud mengurai kepadatan arus lalu lintas di tol.

    Kasat Lantas Polres Cirebon Kota, AKP Rezkhy Setya Dewanto menyebutkan, contra flow diberlakukan sepanjang KM 210 hingga KM 205. Langkah ini dilakukan setelah diketahui terjadinya penumpukan kendaraan di Res Area KM 208.

    "Ekor kendaraan dari Rest Area KM 208 mencapai sekitar delapam kilometer. Kami berlakukan contra flow untuk urai kepadatan kendaraan," jelas Rezkhy.

    Contra flow juga diberlakukan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Kabupaten Indramayu. Kasat Lantas Polres Indramayu, AKP Asep Nugraha mengatakan, contra flow diberlakukan mulai KM 132 sampai KM 129.

    "Contra flow diberlakukan untuk menghindari Rest Area KM 130," tutur Asep.

    Dengan sistem ini, kendaraan dari arah Jateng menuju Jakarta dapat terus mengalir dengan lancar, meski ramai. Sistem contra flow diberlakukan pada Selasa (19/6) pukul 00.30-03.00 WIB dan kembali diberlakukan pukul 06.00 WIB.

    Sementara, pemberlakukan sistem satu arah menyebabkan kepadatan kendaraan di jalur arteri, salah satunya di jalur pantura Cirebon. Di jalur ini, kendaraan roda empat yang mengarah ke Jateng berbagi jalan dengan pemudik roda dua maupun pengendara lokal.

    Sejak 00.00-14.00 WIB, sedikitnya 69.801 unit kendaraan telah melintasi jalur arteri menuju Jakarta, sedangkan 15.328 kendaraan menuju Jateng, pada H+4. Volume kendaraan di jalur arteri pun diprediksi akan terus meningkat hingga H+5.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT