• Headline

    Asian Games Dongkrak Wisatawan Asing di Jabar

    Oleh : Rianto Nurdiansyah20 Agustus 2018 20:30
    fotografer: Ilustrasi/net
    INILAH, Bandung - Hajat Asian Games 2018 memberi dampak positif pada pariwisata di Jawa Barat. Kehadiran atlet dari 45 negara beserta ofisial juga para pendukung otomatis mendongkrak jumlah wisatawan mancanegara ke destinasi wisata di Jabar.

    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Ida Hernida mengatakan pihaknya merancang paket Hot Deal khusus di momen Asian Games ini.

    "Makanya kita siapkan dengan paket-paket hotdeal yang kita siapkan dengan pelaku-pelaku pariwisata," ujar Ida di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (20/8/2018).

    Meski ada peningkatan pada jumlah wisatawan asing, Ida mengaku belum mencatat secara rinci berapa wisatawan yang datang ke Jabar. Hanya saja, jika mengacu kepada peserta Asian Games 2018 tentu jumlahnya akan bertambah.

    Dia mengatakan, pihaknya mempromosikan seluruh destinasi wisata yang ada di Jawa Barat. Walaupun yang menjadi primadona adalah yang berada kawasan di Bandung Raya.

    "Favorit tetap Bandung Raya tapi kita juga harus jual Cirebon, jual Jabar selatan kita juga punya destinasi yang memang sedang ngetop di Dunia, yaitu Ciletuh," paparnya.

    Paket Hot Deal ini, sambung dia, adalah paket wisata dimulai dari akomodasi hingga ke tempat wisata dan belanja. Di mana pihaknya memberikan potongan harga sebanyak 40-50% dari biasanya.

    "Memang kita buat khusus untuk Asian Games dan waktu waktu di mana tidak ada liburan. Jadi daripada kursi kursi pesawat idle, hotel kamar juga idle maka kita dengan kementrian membuat program Hot Deal," paparnya.

    Program ini, dia katakan, bisa dilaksanakan setelah bekerjasama dengan pemerintah pusat lewat Kementrian Pariwisata. Juga pelaku-pelaku usaha.

    "Tapi yang jelas kalau harapan saya kalau paket dan segala macam sudah maknyus, tapi yang jelas masyarakat yang friendly tourism. Itu yang saya harapkan sehingga mereka bukan kali ini saja datang ke Jabar, mereka akan kembali lagi membawa keluarganya," pungkasnya. [gin]

    TAG :


    Berita TERKAIT