• Headline

    Sandiaga Kunjungi Industri Rotan Cirebon

    Oleh : erika11 Oktober 2018 16:46
    INILAH, Cirebon- Potensi produk rotan di Cirebon hingga kini diketahui belum menyentuh angka yang diharapkan. Calon wakil presiden, Sandiaga Uni menjanjikan ada peningkatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) khususnya di bidang rotan.

    Meski terdapat ribuan pengrajin rotan, hasil produksi rotan di Cirebon belum menyentuh yang ditargetkan. Akibatnya, hingga kini masih ada senilai 5 miliar US Dollar potensi pangsa pasar ekspor rotan yang belum tergarap.

    Saat di Cirebon, Kamis (11/10), Sandiaga menyebut, pangsa pasar ekspor rotan baru terpenuhi sebesar 1,6 miliar US Dolar atau baru menyentuh angka 30%. Sementara, masih ada potensi ekspor sebesar 5 miliar US Dolar.

    "Prabowo-Sandi akan fokus untuk berpihak pada pemberdayaan ekonomi rakyat seperti pengusaha rotan di Cirebon," janjinya kala mengunjungi Sentra Produksi Rotan di Tegalwangi Kabupaten Cirebon.

    Menurutnya, UMKM memegang peranan penting untuk meningkatkan ekonomi rakyat sekaligus mendongkrak devisa negara. Devisa negara selama ini sangat didukung industri-industri rumahan, terlebih yang sudah bisa melakukan aktivitas ekspor.

    Industri rumahan seperti rotan sendiri, imbuhnya, juga dapat menyerap banyak lapangan pekerjaan. Bila terpilih, Sandiaga memastikan akan menjamin ketersediaan bahan baku rotan, dan bakal menindak tegas para pelaku penyelundup bahan baku rotan.

    "Bahan baku rotan untuk menopang industri rakyat sehingga ketersediaannya harus dijaga. Pemerintah harus hadir memastikan pelaku penyelundupan bahan baku rotan ditangkap karena kalau dibiarkan bisa menghantam industri rotan," tegasnya.

    Lebih jauh, Sandiaga meminta pemerintahan saat ini memberi perhatian lebih besar kepada industri rotan skala rumahan. Para pelaku industri rotan skala rumahan dipandang sulit berkembang sebab didominasi produsen besar.

    "Pengusaha besar terlalu mendominasi pengusaha kecil sehingga mereka sulit berkembang. Padahal, mereka merupakan bagian dari sentra produksi rotan di Cirebon dan penguat produk ekspor," tandasnya.

    TAG :


    Berita TERKAIT