• Jaringan Curanmor Lintas Daerah Dibekuk Polisi

    Oleh : Asep Mulyana12 Oktober 2018 18:34
    fotografer: Asep Mulyana
    INILAH, Purwakarta - Polres Purwakarta, membekuk dua residivis spesialis pencurian kendaraan bermotor. Dari tangan para pelaku, petugas juga mengamankan belasan motor berbagai merk hasil kejahatan mereka.

    Kapolres Purwakarta, AKBP Twedi Aditya Bennyahdi menuturkan, aelain dua pelaku polisi juga mengamankan dua orang yang merupakan penadah barang hasil curian mereka.

    "Tersangka yang diamankan ada empat orang, dua pelaku dan dua penadah. Untuk barang buktinya, ada 14 motor berbagai merk, satu laptop, telepon genggam, dan besi pencongkel," kata Twedi kepada INILAH di Mapolres Purwakarta, Jumat (12/10/2018).

    Twedi menjelaskan, terungkapnya kasus pencurian kendaraan bermotor ini merupakan pengebangan dari laporan masyarakat beberapa waktu lalu. Disinyalir, mereka merupakan sindikat yang kerap beroperasi lintas daerah di Jawa Barat.

    Menurut dia, aksi pencurian yang dilakukan para pelaku ini tergolong nekat. Pasalnya, mereka berani merangsek masuk ke rumah targetnya, kemudian membawa kendaraan yang terparkir di dalam.

    "Dari keterangannya, mereka mencuri motor dengan cara masuk ke rumah korban pada dini hari," ujar dia.

    Merasa leluasa karena korban sedang tertidur, sambung dia, pelaku yang merupakan residivis itu terlebih dahulu mencari kunci beserta STNK motor tersebut.

    "Selain langsung ke dalam rumah targetnya, mereka juga kerap mengambil motor yang terparkir di halaman rumah dan juga tempat umum," tambah dia.

    Adapun kedua residivis itu, antara lain bernama Ade Jaelani (32) dan Karta (36). Keduanya, diketahui merupakan warga Kecamatan Plered, Purwakarta. Kedua pelaku ini ditangkap saat akan melakukan curanmor lagi.

    Berdasarkan hasil pemeriksaan, tersangka mengaku telah lebih dari 20 kali mencuri motor di Purwakarta maupun Kabupaten Bandung Barat.

    Adapun dua tersangka lain yang dalam hal ini berperan sebagai penadah, masing-masing atas nama Marwan (36) dan Rusdi (40). Kini, ke empatnya telah mendekam di rumah tahanan Mapolres Purwakarta.

    "Untuk dua tersangka yang merupakan penadah barang curiannya itu, ditangkap di rumahnya masing-masing yaitu di Kabupaten Karawang," tambah dia.

    Akibat aksi kejahatan yang dilakukannya, keempat pelaku dijerat pasal 363 dan 480 KUHPidana dengan ancaman hukuman sembilan tahun dan empat tahun kurungan penjara.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT