• Asyiknya Wisata Kuliner di 'Kampoeng Maranggi'

    Oleh : Asep Mulyana11 Juli 2017 18:39
    INILAH, Purwakarta - Siapa tak kenal Sate Maranggi. Potongan daging domba dalam tusukan itu jadi salah satu kuliner khas Purwakarta. Kini, Purwakarta resmi memiliki lokasi kuliner Sate Maranggi di sekitar kawasan Stasiun Kereta Api Plered. Namanya Kampoeng Maranggi.

    Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata, Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar mengatakan, pemerintah berkomitmen mengembangkan produk khas dari Purwakarta, tak terkecuali Sate Maranggi.

    Tujuannya, agar Sate Maranggi mendapat pengakuan dunia internasional sebagai warisan kekayaan masyarakat di wilayah ini. “Dengan kegiatan ini, kami pun berupaya mendorong pengembangan potensi unggulan di bidang agrobisnis dan kepariwisataan di wilayah ini,” ujar Heri.

    Dia menjelaskan, kegiatan seperti ini sebagai bagian dari promosi dan memperkenalkan produk khas olahan tangan hasil masyarakat di wilayah tersebut.

    Kampung Maranggi Plered, terang dia, tak hanya menyajikan puluhan stan penganan khas daging bakar tersebut. Pengunjung dimanjakan dengan hiburan kesenian.

    “Lokasi ini menjadi destinasi baru wisata kuliner. Kampung Maranggi ini buka setiap hari, dari mulai pukul 15.00 WIB hingga 22.00 WIB,” jelas dia.

    Heri menjelaskan, kegiatan seperti ini upaya promosi untuk menarik wisatawa. Dia ingin seluruh wilayah di Purwakarta bisa dikunjungi. “Ke depan, seluruh kecamatan harus seperti ini. Apapun potensi unggulan yang ada di wilayah itu harus dikembangkan,” kata dia. [gin]