• Nikmati Pesona Alam Pasir Santri di Situ Wanayasa

    Oleh : Asep Mulyana13 Juli 2017 23:40
    INILAH, Purwakarta - Situ Wanayasa Kabupaten Purwakarta menyimpan banyak keindahan. Satu yang menarik, sebuah pulau kecil di tengah telaga. Masyarakat sekitar menyebutnya nama Pasir Santri.

    Selama ini lokasi tersebut kerap menjadi tujuan wisata para pelancong dari dalam maupun luar kota. Mereka datang sekadar menikmati suasana pulau yang sejuk. Apalagi, di lokasi ini dipenuhi pohon-pohon sejenis pinus yang menjulang tinggi.

    Tak hanya pelancong, saat mudik lebaran pun lokasi ini sering jadi tempat persinggahan para pemudik yang menggunakan jalur alternatif Purwakarta-Wanayasa-Jalan Cagak (Subang).

    Lokasi wisata alam yang terletak 24 km sebelah tenggara pusat Kabupaten Purwakarta itu memang ibarat oase di gurun pasir. Keberadaannya terletak di kaki Gunung Burangrang.

    Dengan luas sekitar 7 hektare dan ketinggian 600 mdpl, Situ Wanayasa menjadi tempat favorit persinggahan. Suasana sejuk, menarik wisatawan turun beberapa menit untuk menikmati panorama alam gratis.

    Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengaku terus berupaya menata kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ada agar menarik wisatawan. Salah satunya, Situ Wanayasa ini, yang selama kepemimpinnnya terus ditata supaya terlihat asri dan dapat meningkatkan daya tarik pengunjung.

    "ā€ˇPenataan Situ Wanayasa, tidak saja difokuskan pada fungsi konservasi semata. Melainkan, juga didorong terhadap nilai-nilai rekreasi," ujar Dedi belum lama ini. adv




meikarta.. the world of ours