• Headline

    Krisis Air Bersih, Warga Indramayu Harus Manfaatkan Air Kubangan

    Oleh : Erika Lia Lestari28 Agustus 2017 16:41
    INILAH, Cirebon- Krisis air bersih mulai melanda warga di sebagian daerah di Kabupaten Indramayu. Di Desa Kalianyar, Kecamatan Krangkeng, warga terpaksa memanfaatkan air kubangan.

    Akibat krisis air bersih, warga Desa Kalianyar menggunakan air kubangan kotor berwarna kehijauan dan berbau tak sedap, bahkan bercampur sampah. Warga memanfaatkan air kotor tersebut di antaranya untuk mandi hingga mencuci.

    "Sumur di sini rata-rata sudah kering dan tak ada layanan PDAM. Setiap kemarau, air kubangan ini diandalkan warga," ungkap seorang warga, Ade.

    Sekalipun membahayakan kesehatan, terutama kulit, rata-rata warga mengaku tak memiliki pilihan lain. Lain halnya untuk kebutuhan makan dan minum, warga harus membeli air galon kemasan isi ulang.

    Sementara itu, diketahui PDAM Indramayu telah mengirim truk tangki berisi air bersih sebagai bantuan bagi warga Desa Kalianyar. Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Edi Kusdiana menjanjikan, pihaknya bersama PDAM siap mengirim bantuan bagi warga yang mengalami krisis air bersih.

    "Warga yang mengalami krisis air bersih kami imbau segera kirim surat ke kecamatan, PDAM, dan BPBD. Setelah ada surat resmi, bantuan air bersih secepatnya kami kirim," tegasnya.

    Dia menyebutkan, sejauh ini baru Desa Kalianyar yang mengalami krisis air bersih. Terpisah, Direktur Umum PDAM Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu, Endang Effendi menerangkan, layanan air bersih di Kecamatan Krangkeng selama ini berasal dari PDAM Kabupaten Cirebon.

    "PDAM Indramayu membeli air dari PDAM Kabupaten Cirebon untuk dialirkan ke wilayah Kecamatan Krangkeng," ujarnya.

    Atas krisis air bersih di kecamatan itu, tambah dia, pihaknya telah meminta PDAM Kabupaten Cirebon untuk menambahan pasokan air dari 10 liter/detik menjadi 25 liter/detik. Sejauh ini, PDAM Kabupaten Cirebon sendiri sudah memasang pompa tambahan agar dapat mengalirkan air lebih banyak ke Kecamatan Krangkeng.

    Namun begitu diketahui, tak semua warga di Kecamatan Krangkeng merupakan pelanggan PDAM sehingga sebagian di antaranya belum menikmati bantuan air bersih dari mobil tangki keliling. Warga pun berharap jangkauan bantuan air bersih diperluas. [ito]



meikarta.. the world of ours