• Headline

    11 Sumber Makanan Mengandung Banyak Vitamin D

    Oleh : Jaka Permana07 Februari 2018 09:00
    Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang berbeda dari vitamin lain. tubuh manusia dapat menyerap sebagian besar vitamin ini ketika terkena sinar matahari.

    Mengutip dari boldsky, Selasa (06/02/2018), vitamin D adalah lebih dari vitamin yang bertindak sebagai pro hormon, yang efek keseimbangan hormon dan peraturan kekebalan tubuh.

    Vitamin D berperan besar dalam penyerapan kalsium dalam tulang dan kekurangan vitamin ini dapat mengakibatkan pelunakan tulang yang disebut osteomalasia atau kelainan tulang yang disebut rakhitis. Gejala kekurangan vitamin D memiliki sistem kekebalan yang lemah, depresi musiman, penyakit autoimun, kanker, tulang lemah, masalah kulit dan demensia.

    Orang-orang yang tinggal di sedikit paparan sinar matahari atau tidak mengekspos tubuh mereka dengan sinar matahari juga dapat menderita kekurangan vitamin D. Jika Anda tidak dapat mendapatkan cukup sinar matahari, ada beberapa makanan yang kaya vitamin D yang Anda harus pastikan untuk memasukkan dalam diet harian Anda.

    1. Ikan

    Ikan tinggi asam lemak omega-3 seperti makarel, ikan salmon dan tuna adalah sumber vitamin D 100 gram salmon dan makarel menyediakan 91 persen dari nilai yang direkomendasikan harian vitamin D.
    Selain menyediakan vitamin D, ikan juga mengandung nutrisi lainnya.

    2. Jamur

    Jamur adalah salah satu sumber terbaik vitamin D. Mereka yang terkena sinar matahari saat tumbuh, yang meningkatkan nilai vitamin D.

    3. Susu

    Susu mentah organik yang diperkaya dengan vitamin D. Minum susu dalam jumlah tinggi, untuk tetap sehat dan bugar. Secangkir susu mentah akan menyediakan 24 persen dari nilai direkomendasikan harian vitamin D.

    4. Minyak hati ikan

    Cod liver oil adalah salah satu cara yang baik dan termudah untuk mendapatkan dosis harian Anda dari vitamin D. Cod minyak yang Diperoleh dari hati codfish dan juga biasanya tersedia dalam bentuk kapsul.

    Satu sendok teh minyak ikan cod akan memberikan 100 persen dari nilai harian yang direkomendasikan vitamin D.

    5. Keju

    Keju swiss dan keju kambing adalah sumber yang baik vitamin D termasuk sepotong keju dalam diet Anda akan menurunkan risiko kekurangan vitamin D.
    Tambahkan keju untuk sandwich Anda atau taburkan dalam makanan Anda.

    6. Telur

    Telur juga salah satu sumber terbaik vitamin D. Mereka akan menyediakan semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

    Satu telur besar menyediakan 10 persen dari nilai direkomendasikan harian vitamin D.

    Telur juga mengandung vitamin lain seperti vitamin A, K dan E.

    7. Sari buah jeruk

    Segelas jus jeruk akan memberikan Anda dengan jumlah yang cukup dari vitamin D dan kalsium. Makan jeruk setiap hari untuk sarapan akan mengurangi risiko kekurangan vitamin D.

    Satu cangkir jus jeruk dapat menyediakan Anda 36 persen dari vitamin D.

    8. Oatmeal

    Gandum penuh vitamin D dan juga menyediakan vitamin dan mineral lainnya. Satu setengah cangkir oatmeal dapat memberikan hingga 39 persen vitamin D memiliki oatmeal untuk sarapan dapat meningkatkan asupan vitamin D Anda.

    9. Udang

    Udang tinggi asam lemak omega-3 dan vitamin D, yang baik untuk kesehatan tulang, sementara mengurangi peradangan dan menurunkan kolesterol.

    10. Butter

    Mentega berisi jumlah yang kecil, namun penting dan mengandung vitamin D.

    11. Yogurt

    Yoghurt juga dikemas dengan vitamin D dan meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Secangkir yoghurt dapat membantu Anda memenuhi 20 persen dari nilai direkomendasikan harian vitamin D. Yogurt juga salah satu makanan terbaik yang membantu Anda tetap muda dan sehat.[jek]

    Tags :
    # #


    Berita TERKAIT