• Ini Latihan Persib Selama Liburan

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri06 Januari 2017 16:08
    •  Share
    INILAH, Bandung - Pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya menyiapkan kerangka program latihan kepada pemain untuk selanjutnya dijadikan pedoman saat libur dalam kurun waktu satu pekan ke depan.

    Yaya menuturkan, program untuk satu pekan ke depan ini dimaksudkan sebagai cara memelihara kebugaran pemain selama liburan. Sehingga, ucap dia, saat kembali bergabung pada 16 Januari nanti kondisi fisik pemain tidak sampai menurun.

    "Program untuk menjaga kebugaran fisik, karena kita udah latihan lima kali kita coba berusaha memberikan bentuk atau kerangka latihan yang bisa jadi alternatif pemain dalam mengisi liburan," kata Yaya di mess Persib, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Jumat (6/1).

    Yaya memaparkan, program latihan dalam satu pekan nanti terbagi dalam dua menu utama. Di antaranya pada hari Senin, Rabu, dan Jumat difokuskan untuk melatih ketahanan tubuh dengan durasi latihan yang telah ditentukan.

    Menurut Yaya, untuk setiap berselang satu hari para pemain dianjurkan melakukan latihan dengan menambah porsi secara bertahap dalam setiap latihannya. Hal ini, sambung dia, guna meningkatkan level kebugaran pemain.

    "Saya udah bilang kalau Senin, Rabu, Jumat endurance, tapi saya cuma tulis endurance 45 menit, bisa dengan continiues running, berenang, atau main sepeda, plus penguatan otot, sit up, atau press up. Selasa, Kamis, Sabtu, increasing, atau lari dengan kecepatan bertambah," bebernya.

    Dengan diberikannya program latihan selama liburan, Yaya berharap level kebugaran pemain setidaknya bisa bertahan seperti dalam lima hari terakhir ini, yakni berada di level 60 persen ketika kembali bergabung latihan di minggu ketiga Januari nanti.

    Yaya cukup gembira melihat level kebugaran para pemain saat berkumpul awal pekan lalu. Dia menilai antusiasime dan motivasi pemain begitu tinggi, sehingga mendukung perkembangan kondisi fisiknya.

    "Melihat kondisi sekarang saya cukup bahagia, antusiasme, optimisme, semangat motivasi latihan yang ditunjukan bagus. Jadi berpengaruh pada kebugaran fisik," pungkasnya.[ito]


-->