• Headline

    Atep Sambut Kompetisi Resmi dan Pembatasan Kuota Pemain Asing

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri11 Januari 2017 20:56
    •  Share
    INILAH, Bandung - Kapten tim Persib, Atep sangat gembira mendengar adanya kepastian kick off musim kompetisi 2017 yang rencananya bakal digulirkan pada 26 Maret nanti. Hal itu membuatnya semakin tenang.

    Selain itu, Atep juga sangat mendukung dengan adanya pengurangan jumlah quota pemain asing menjadi tiga orang, di mana satu di antaranya jatah bagi legiun impor dari kawasan Asia, dan dua personel lainnya boleh dari luar Benua Kuning.

    Menurut Atep, regulasi tersebut sangat menguntungkan para pemain lokal. Sebab, kata dia, dengan jumlah legiun asing yang terbatas praktis memberikan jatah bermain lebih banyak untuk talenta asal pribumi.

    "Ini kompetisi yang sebenarnya dan paling ditunggu-tunggu, dua tahun Indonesia tanpa kompetisi resmi. Regulasi pemain asing dengan format 2+1 bagus untuk membuka kesempatan bagi pemain-pemain lokal bisa tampil reguler," kata Atep lewat telepon, Rabu (11/1).

    Atep melihat selama ini pemain asing selalu jadi pilihan utama di setiap tim, sehingga menutup peluang bagi pemain lokal. Bahkan, sambung dia, legiun impor juga bermain mengisi posisi sentral.

    Diungkapkan Atep, pembatasan quota pemain asing ini merupakan langkah tepat apabila Indonesia ingin mengembangkan pemain lokal. Sebab, dia menilai akan banyak bakat pribumi akan bermunculan.

    "Bisanya kalau banyak pemain asing dalam satu tim, peluang pemain lokal untuk menjadi pemain utama tipis. Sangat setuju dengan regulasi itu. Harus begitu kalau Indonesia mau maju," pungkasnya.