• Headline

    Persib Sebaiknya Tak Rekrut Pelatih Asing

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri16 Juli 2017 20:21
    INILAH, Bandung - Mantan pemain Persib era 90-an, Yudi Guntara menyarankan agar tim Maung Bandung jangan merekrut pelatih asing untuk menggantikan posisi Djadjang Nurdjaman yang mantap mengundurkan diri sebagai juru taktik.

    Terlebih, kata Yudi, apabila pelatih impor tersebut tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia. Persib yang kini sedang menjalani perhelatan Liga 1 2017 dinilainya membutuhkan sosok pelatih yang sudah sangat memahami para pemain di tim Maung Bandung.

    "Penggantinya yang paling penting tahu karakter Persib, kemudian saya sarankan jangan sampai menggunakan pelatih asing, apalagi pelatih itu belum memahami bahasa Indonesia. Tapi tetap pelatih baru juga pasti komunikasi ke asisten," kata Yudi lewat sambungan telepon, Minggu (16/7).

    Yudi pun kemudian menyebut nama Rahmad Darmawan (RD) dan Herry Kiswanto lah yang dinilainya cocok dengan karakter tim Persib. Hanya saja, keduanya kini sama-sama sudah memegang tim, dimana coach ‎RD merupakan pelatih kepala T-Team Malaysia, sementara Herry sudah mendapat kepercayaan dari Persela Lamongan.

    "Kalau saya lebih ke RD (Rahmad Darmawan), tapi di Malaysia, sosok lainnya kayanya nggak ada lagi, tapi ada Herry Kiswanto ada lebih pengalaman dan terbukti di Persela sekarang," tambahnya.

    Apabila tidak ada sosok yang pas untuk mengganti Djanur, diharapkan Yudi manejemen PT. Persib Bandung Bermartabat (PBB) ‎agar tak sampai memaksakan merekrut pelatih anyar. Selama perhelatan Liga 1 2017 ini tim Persib lebih baik memaksimalkan Herrie Setyawan sebagai caretaker, yang sebentar lagi juga akan mengikuti kursus kepelatihan mengambil lisensi A AFC.

    ‎Namun dengan catatan, lanjut Yudi, dalam bursa transfer paruh musim ini skuat Maung Bandung harus melakukan penambahan amunisi di sektor depan. Setidaknya merekrut dua striker anyar.

    "Justru saya lebih condong ke situ, lebih baik Herrie Setyawan diberi kesempatan selama putaran kedua. Tapi dengan catatan wajib rekrut striker, minimal dua orang, tapi yang berkualitas dan jangan asal-asalan," jelasnya.

    Di mata Yudi, perekrutan pemain ini lebih utama bagi tim Persib ketimbang mencari pengganti Djanur. Apalagi, dia memprediksi persaingan antara kontestan di putaran kedua Liga 1 2017 nanti akan semakin ketat.

    ‎"Pokoknya harus ada prubahan di putaran kedua, ya rekrut pemain striker murni, kalau bisa dua lah satu lokal dan satu asing. Karena perjalanan di putaran kedua sangat berat dan panjang, sekarang sisa dua pertandingan," tandasnya. [jek]



meikarta.. the world of ours