• Rahasia Mamprang Henhen

    Oleh : Rianto Nurdiansyah31 Agustus 2017 00:09
    KIAN hari pemain muda Persib Henhen Herdiana, tampil semakin percaya diri. Sebagai bek sayap, ia rajin membantu sektor serang rusuk kanan. Ini rahasianya tampil mamprang?

    Jebolan diklat Persib U-21 ini memang kerap dipercaya tampil 90 menit dalam beberapa laga terakhir. Henhen tampak tak keteran kendati kerap turun-naik dari lini pertahanan hingga penyerangan.

    Rupanya dia punya cara sendiri menjaga daya tahan tubuhnya agar bisa tampil mamprang (ngotot). Lantas apa yang Henhen lakukan untuk mendongkrak kualitas fisiknya itu? Kebiasan joging alias lari-lari kecil di sore hari jadi kebiasaan Henhen. Namun dia lakukan tidak di jalan datar. "Daya tahan ya paling joging, dulu kebiasaan di tanjakan, favorit daerah Gempol, Cijerah, sore setelah Ashar," kata Henhen.

    Memang kegiatannya ini tidak dilakukan setiap hari. Namun apabila senggang dan tidak kelelahan dia lantas menggambil sepatu dan melakukan joging guna mengasah stamina. "Kalau misalkan Henhen kuat masih bugar, ya dilakuin. Dari dulu sejak masih di SSB," ujar Henhen.

    Tak jarang, Henhen ditemani kawannya untuk melakukan kegiatan ini. Dia merasa manfaatnya bisa terasa saat sudah memperkuat tim Maung Bandung. "Sendiri tapi kadang sama temen. Alhamdulillah kerasa manfaatnya sekarang," ucapnya.

    Sebagai pemain bola profesional, Henhen memiliki aktivitas padat. Staminanya juga terkuras apabila tim menjalani laga away. Apalagi jika melawat ke kandang Persipura Jayapura atau Perseru Serui yang notabene jaraknya cukup jauh.

    Henhen katakan, untuk menjaga fisiknya lebih baik banyak beristirahat. Hal ini dilakukan agar tak keteteran saat dipercaya pelatih turun dalam laga. "Henhen enggak kemana-mana, paling tidur saja," ungkap Henhen.

    Setiap perjalanan ke markas tim lawan sangat Henhen nikmati. Apalagi apabila dia dipercaya turun dalam laga. Juga, tak jarang dia mencicipi makanan khas dari tempat yang disinggahi Persib. Namun tetap saja, dia selalu rindu makanan Khas Sunda. "Semua berkesan karena Henhen main untuk tim. Perjalanan dinikmati saja buat cerita kepada orang tua," tambahnya.

    Henhen juga tak khawatir kondisi fisiknya ngedrop sekalipun harus melewati jadwal padat. Sebab tim pelatih Maung Bandung, dia nilai, sudah sangat jempolan untuk memberikan materi latihan guna mendongkrak kebugaran.

    "Fisik sudah kan diprogram oleh pelatih, bagaimana Henhen berlatih dan serius ngejalanin semua program dalam sudah berikan tinggal menerapkan," pungkasnya. (ddy)




meikarta.. the world of ours