• Headline

    Wejangan Nandang Kurnaedi Supaya Persib Menang di Makassar

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri13 Oktober 2017 18:32
    INILAH, Bandung - Mantan pemain Persib era perserikatan, Nandang Kurnaedi ‎menilai lawatan tim Maung Bandung ke kandang PSM Makassar terbilang cukup berat. Sebab, Atep dkk dituntut sebisamungkin harus bisa memenangkan pertandingan ke-27 Liga 1 2017 tersebut sebagai penawar kekecewaan bagi bobotoh.

    "Terus terang hasil jelek lah di beberapa pertandingn draw, kita melawat ke PSM mau tidak mau untuk mengembalikan gairah sepak bola Bandung Persib harus main maksimal, dan harusnya menang," kata Nandang saat dihubungi Jumat (13/10).

    Meski begitu, Nandang berharap jajaran pelatih Persib bisa menyuntikan banyak motivasi, sehingga ikut mendorong pasukan Maung Bandung bisa bermain lepas ketika menghadapi klub berjuluk Juku Eja tersebut.

    "Otomatis dengan pertandingan sebelumnya jangan sampai terlalu dibeban‎kan kepada pemain. Bermain apa adanya, enjoy, dan maksimal dengan satu tujuan memenangkan pertandingan," tambahnya.

    ‎Dengan bermain tenang, Nandang juga mengharapkan agar Persib bisa menunjukan lagi karakter bermainnya memainkan bola pendek, lalu membangun serangan secara merambat dari lini belakang melalui sektor tengah guna menopang lini depan. Lantaran, dia melihat dari lima kali hasil imbang yang didapat juga tidak terlepas dari permainan Maung Bandung yang terbawa ritme lawan tandingnya.

    "Ciri khas Persib pertandingan terakhir dimenangkan itu beda, nah ini ciri khas Persib tidak ada, Persib terbawa permainan irama dari lawan. Nah nanti Persib harus bisa ‎mengeluarkan kemampuan seperti sebelumnya, bermain pendek, bermain menyerang, yah dari belakang lah," paparnya.

    Kemudian, Nandang juga kembali menegaskan pentingnya peran para gelandang Maung Bandung di laga kontra PSM nanti. Menurutnya personel lini tengah Persib harus lebih kreatif dan cermat menguasai pertandingan apabila ingin mendapatkan poin penuh dari markas Juku Eja.

    "Jangan sampai dari belakang langsung ke Ezechiel, kenapa kita nggak bisa ke tengah, seharusnya tengah ini yang harus bisa menguasai pertandingan, pemain ini harus bisa punya wawasan memperlambat atau mempercepat, nah si gelandang ini yang harus bisa, dan dari belakang jangan terpaku harus melepas bola, mainkan dulu lah bola nya,"‎ lanjutnya.

    Guna mengimbangi peran lini tengah yang sudah maksimal, Nandang juga mengingatkan agar sektor depan Persib untuk lebih tajam dalam melakukan penyelesaian akhir. Dia juga menyarankan agar penggawa Maung Bandung tidak terlalu tergesa-gesa, sehingga mampu menuntaskan peluang dengan matang.

    "Terkadang ya namanya main bola, sebetulnya diasah kembali dipersiapkan bentuk lagi pemain depan, finishingnya ditingkatkan kembali di lini depan. Mungkin lawan sudah punya potensi mematahkan penyerangan kita, nah di sini hanya kesabaran ‎yang harus ditampilkan,"‎ ungkapnya.

    Selain itu, Nandang mewanti-wanti pasukan Maung Bandung ‎untuk menjaga konsentrasinya sepanjang pertandingan berlangsung. Sebab, kata dia, seluruh pemain PSM harus diwaspadai pergerakannya, lantaran setiap lininya berpotensi mengancam gawang Persib.

    "Yang harus diwaspadai bukan satu dua orang, karena bermain satu tim, mereka main di kandang. Apalagi melihat tren Persib beberapa kali draw dan perkembangan PSM harus diantisipasi," pungkasnya. [jek]