• Headline

    Bobotoh Tebar Dakwah Islam di Jepang

    Oleh : Rianto Nurdiansyah09 November 2017 14:22
    fotografer: istimewa
    INILAH, Bandung-Bobotoh tak melulu bisa mendukung Persib Bandung. Ada kalanya bobotoh juga melakukan kegiatan positif, seperti tablig akbar.

    Seperti dilakukan Baraya Viking Jepang (BVJ). Organisasi ini terlibat dalam acara tablig akbar dengan tema 'Di mana pun erada cukup bagi kita Allah SWT' di Tokyo, Jepang pada 5 November 2017 lalu. Kemudian dilanjutkan di Tokushima (6/11), juga di Osaka (8/11) lalu.

    Pentolan BVJ, Pajri Muhamad Ulumuddin Ami mengatakan, sebenarnya Tablig Akbar tersebut adalah kegiatan yang dilaksanakan Ikatan Perawat Muslim Indonesia (IPMI). Bekerjasama dengan Keluarga Masyarakat Islam Indonesia(KMII) dan didukung oleh BVJ.

    Kegiatan dakwah yang digelar bertepatan dengan musim gugur di Negeri Bunga Sakura tersebut bertujuan agar seluruh masyarakat Indonesia yang ada Di Jepang dapat menjalankan Islam dengan itiqomah di negeri minoritas. Tak terkecuali bobotoh.

    "Sekaligus ajang silaturahmi bagi Warga Indonesia yang ada di Jepang," ujar Pajri.

    Pria karib disapa Abhie ini menambahkan, bahwa acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan gelora semangat berdakwah juga mencari ilmu

    "Dan silaturahmi masyarakat Indonesia yang ada Di Jepang semakin erat. Khususnya di kalangan perawat, Baraya Viking Japan dapat berperan aktif dalam kegiatan keagamaan," paparnya.

    Pada kesempatan itu, BVJ juga mendatangkan pentolan bobotoh, Yana Umar untuk terlibat dalam acara. Mengingat saat ini Dirigen Viking Persib Club (VPC) tersebut mulai memperdalam wawasan spiritualnya.

    "Jadi kita mengundang Mang Yana untuk menyebarkan virus hijrah. Dia mengisi talk show hijrah story. Sedangkan Tablig akbar oleh Ustad Tengku Hanan Attaki," paparnya.

    Selain itu, BVJ juga kerap terlibat dalam kegiatan sosial dan kemanusia. Itu seperti penggalangan dana untuk korban bencana di Indonesia. Lalu penggalangan dana bagi saudara satu bangsa yang di timpa musibah di Jepang.

    "Untuk keagamaannya, kita bekerja sama dengan organisasi dakwah Di Jepang untuk berdakwah. Seperti penggalangan dana Untuk pembangunan mesjid di Jepang," beber Abhie.

    Kegiatan lainya, BVJ tak jarang melaksanakan agenda silaturahmi, baik itu dengan sesama bobotoh maupun dengan suporter tim lain. Sebut saja dengan Bonek, Pasopati dan Lanus.

    "Kita juga suka mengadakan kompetisi futsal dan BVJ beberapa kali ikut kejuaraan futsal yang diadakan di Jepang," kata Abhie.

    BVJ sendiri berdiri pada 19 Januari 2009 dan disahkan pada 5 Mei 2013 oleh VPC. Hingga saat ini tak diketahui secara pasti berapa jumlah anggota BVJ.

    "Tapi kurang lebih yang terdata sekarang hampir 500 sampai 600 anggota," pungkasnya. [jek]