• Headline

    Beckham Masa Depan Persib

    Oleh : Rianto Nurdiansyah19 November 2017 19:08
    fotografer: Rianto Nurdiansyah
    INILAH, Bandung-Beckham Putra Nugraha digadang-gadang sebagai pemain masa depan Persib Bandung. Remaja berusia 16 tahun ini kini menjadi salah satu pemain andalan di Persib U-19.

    Ya, Beckham adalah adik dari gelandang Persib, Gian Zola Nasrulloh. Dia memiliki mimpi kelak bisa satu tim dengan sang Kakak di Persib senior.

    "Sebagai orang Bandung, tentu saja saya pengen memperkuat Persib senior satu tim dengan Kakak," ujar Beckham.

    Di tahun 2017 ini, dia membawa Persib U-19 keluar sebagai runner up di Liga 1 U-19. Musim depan, dia ingin prestasinya lebih baik hingga masuk pantauan skuat senior.

    "Selain Persib senior kalau bisa sih main di luar negeri untuk cari pengalaman. Atau ke Bali United, Madura United dan Pusamania Borneo FC," harapnya.

    Sebenarnya, Beckham musim 2017 ini dia mendapat tawaran bermain untuk Bali United U-19. Kendati bisa juga naik ke tim senior Bali United, dia lebih mengutamakan Maung Ngora.

    Bukan tanpa alasan Beckham ingin memperkuat Maung Bandung. Seban, sejak kecil dia sudah menggemari tim kebanggaan bobotoh ini.

    "Saya seorang bobotoh pasti ingin banget ke Persib (senior) dari hati dan ingin bermain figh untuk Persib," ucapnya.

    Berbeda dengan sang kakak yang dipercaya sebagai gelandang. Beckham lebih kerap diposisi striker. Meski begitu, Beckham mengaku sangat mengidolakan sang kakak.

    "Dia (Zola) juga cerita, katanya lebih baik main ke luar dulu. Cari pengalaman. Tapi kalau Persib (senior) menawari Beckham untuk masuk, ya insya allah tidak akan di tolak," paparnya.

    Sementara itu, Gian Zola pun mendoakan Adiknya bisa satu tim dengannya. Zola akan sangat bangga, bilamana Beckham pun bisa menjadj bagian Maung Bandung.

    "Harapan pasti ada. Semoga Beckham bisa lebih baik lagi karirnya. Bisa memperkuat Persib senior," harap Zola.

    Namun kata Zola, sang Adik harus menjalani dulu prosesnya secara bertahap. Artinya, masih butuh waktu agar permainanya semakin matang hingga akhirnya bisa merapat ke tim senior.

    "Kalau sekarang kan masih 16 tahun, kasihan ke Beckham-nya. Kan setelah Persib U-19 nanti U-21, baru senior," katanya.

    Secara kualitas, dia menilai sang Adik memiliki prospek untuk menjadi pemain profesional. Hanya saja, ada beberapa yang perlu ditingkatkan, agar lebih jempolan.

    "Beckham mainnya bagus, tapi butuh ditingkatkan lagi powernya. Kita juga sering ngobrol soal sepak bola," pungkasnya.

    Sementara itu, sang Ayah Budi Nugraha pun sepakat dengan Zola. Menurut dia, performa dan mental Beckham masih butuh ditingkatkan di Diklat Persib walaupun secara skill bisa bersaing dengan pemain senior.

    "Tapi kalau main di luar negeri, saya sangat setuju sekali," kata Budi.

    Budi khawatir di usia muda, Beckham harus mendapatkan insiden dari kerasnya kompetisi domestik. Mengingat masih ada saja pemain yang bertipikal kasar.

    "Kita tau sendiri kan kalau main di sini level senior. Kasihan masih muda," pungkasnya. [jek]