• Headline

    Supardi Sarankan Tantan Ikuti Kursus Pelatih

    Oleh : Rianto Nurdiansyah05 Desember 2017 16:55
    INILAH, Bandung-Bek Kanan Persib Bandung, Supardi Nasir menyarankan rekan satu timnya agar tak tunggu pensiun untuk mengikuti kursus kepelatihan.

    Begitu pula Supardi, sekalipun belum ada niat gantung sepatu, namun dia sudah menuntaskan kursus kepelatihan lisensi C AFC di Sawangan, 18 sampai 30 November 2017 lalu.

    Dengan mengetahui ilmu kepelatihan, setidaknya bisa mengetahui lebih detail tugas seorang pemain.

    "Aku belum mau pensiun, tapi di sini untuk kita pribadi, jadi kita tahu apa yang harus kita lakukan ketika jadi pemain. Karena diajarkan juga sebagai pemain itu harus seperti apa, itu penting," ujar Supardi.

    Kata Supardi, Tantan adalah salah satu rekan satu timnya yang disarankan mengambil kursus kepelatihan. Supardi sendiri harus menunggu sekira satu musim untuk mengejar lisensi C AFC ini. Dia sudah mendaftarkan diri ke PSSI sejak bermain untuk Sriwijaya FC pada 2016 lalu.

    "Saya nyaranin sama Tantan, momen itu enggak mudah didapat, tapi untuk kita eks timnas itu diprioritaskan, tapi harus daftar dulu. Saya waktu di Sriwijaya daftarnya, baru dipanggil kemarin," paparnya.

    Saat ini dia sedang cemas, berharap lulus dan mengantongi lisensi kepelatihan. Supardi belum mengetahui, kapan keluar keputusan tersebut.

    "Pengumumannya enggak tahu, biasanya berapa bulan, tapi insya Allah kalau masih (Lisensi) C peluangnya besar buat lulus, tapi ada pertimbangan juga," katanya.

    Dia mengaku, tidak mendapatkan banyak kendala ketika menjalani aktivitas di Sawangan. Dan lagi, untuk kursus lisensi C AFC ini, kata dia, lebih menekankan kepada public speaking di hadapan pemain.

    "Kita bisa ngomong, kita bisa utarakan, kita bisa cari jawaban, kita harus punya itu. Kita harus bisa mempresentasikan," katanya. [ito]