• Headline

    Persib Banyak PR

    Oleh : Rianto Nurdiansyah22 Januari 2018 18:47
    INILAH, Bandung-Pelatih Mario Gomez masih punya banyak Pekerjaan Rumah (PR) untuk membuat tim Persib Bandung dapat bersaing di kompetisi kasta tertinggi.

    Mantan penggawa Persib era 1990-an, Roy Darwis mencatat ada beberapa hal yang harus Persib benahi. Mengingat Maung Bandung kalah 0-2 di partai itu.

    "Secara umum banyak PR buat pelatih. Dari mulai kurang greget, juga kurang persiapan," ujar Roy, Senin (22/1)

    Roy juga melihat penggawa Persib kurang tenang tatkala tertinggal gol oleh lawan. Demikian, banyak peluang yang terbuang.

    Sks stopper Persib ini juga menyoroti lini pertahanan skuat asuhan Mario Gomez yang kurang memberikan pressure kepada lawan. Hal ini yang membuat gawang Persib bobol dua kali.

    "Mereka (PSMS) bisa santai saat memainkan bola, karena pressure dari kita (Persib) kurang," jelasnya.

    Tak hanya itu, barisan pertahanan Persib pun terlalu sejajar. Tak ada yang menghadang ketika pemain lawan menyerang.

    "Beberapa kali mereka membawa bola satu lawan satu, bukan diputus serangannya tapi diikuti," sambung Roy.

    Tak terkecuali sektor tengah yang juga memiliki catatan. Roy melihat, penggawa Persib selalu kalah dalam memanfaatkan bola muntah. Itu karena terlalu fokus menyerang.

    "Kalau kita menyerang, menyerang semua. Jadi saat ada bola pantulan pemain kita kosong saat rebound," katanya.

    Bisa saja, ucap Roy, karena Persib kurang persiapan hingga tumbang dari skuat asuhan Djadjang Nurdjaman. Otomatis kekompakan belum ketara.

    Beberapa peluang yang diciptakan Persib pun, tambah dia, lebih mengandalkan pada skill individu. Artinya hanya sedikit peluang yang melalui proses kerjasama.

    "Individual, masing-masing. Ezechiel seperti sibuk sendiri. Tapi mungkin di Piala Presiden 2018 ini jadi ajang pelatih memilih pemain untuk tim inti buat di liga nanti," bebernya.

    Namun, menurut Roy pelatih PSMS sudah mengetahui beberapa penggawa Maung Bandung yang notabene dihuni mantan anak asuhnya.

    "Djadjang juga pintar. Sudah tahu karakter pemain Persib yang sekarang. Pemain Persib harus bisa keluar dari kebiasaan, saat dilatih sama Djadjang dulu," paparnya.

    Boleh saja tim lawan dihuni banyak pemain muda dan 'buangan'. Sementara, Persib banyak dihuni pemain senior yang memiliki pengalaman.

    Menurut Roy, bagaimanapun usia akan berpengaruh pada penampilan. Seperti penggawa Maung Bandung yang mayoritas dihuni pemain U-30.

    "Karena dua pemain muda kita Febri (Haryadi) sama Henhen Herdiana kan masih begabung dengan timnas," katanya.

    Untuk Piala Presiden 2018, Roy menilai, Maung Bandung masih punya kans lolos dari fase grup. Namun untuk mentas di kompetisi membutuhkan waktu agar benar-benar bisa solid.

    Dengan kondisi yang ada saat ini, dia merasa akan sulit bisa menjadi yang terbaik di liga. Sebab, tim lawan pun gencar bebenah.

    "Persib kan dihuni banyak pemain yang sudah berumur. Sementara tim lain berburu pemain asing yang bagus-bagus, pemain lokalnya pun pemain muda yang lebih bertenaga dan memiliki kecepatan," pungkasnya. [ito]


    Tags :
    # #


    Berita TERKAIT