• Headline

    Inter Milan Hadir di Akademi Persib

    Oleh : Rianto Nurdiansyah14 Februari 2018 00:32
    METODE kepelatihan sepak bola ala Italia akan disuguhkan dalam Akademi Persib. Program ini bekerjasama dengan klub raksasa Inter Milan.

    Kini para pemain muda punya kesempatan bergabung dengan Akademi Persib, setelah diluncurkan di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (13/2). Legenda sekaligus Wakil Presiden Inter Milan Javier Zanetti hadir dalam peluncuran ini.

    Dia menyampaikan, program ini satu-satunya cara untuk menciptakan sebuah set-up yang mampu mengembangkan sepak bola remaja pada tingkat yang benar-benar global. "Semua anak suka bermain sepak bola dan saya sangat senang," kata Zanetti.

    Tak hanya di Indonesia, program ini sudah berkembang dibeberapa negara, seperti Argentina, Brasil, China, Kolombia, Jepang dan Arab Saudi. Di mana ada 15.000 anak muda, 200 instruktur lokal dan 30 pelatih Italia ikut serta dalam proyek tersebut.

    Dia mengklaim, proyek ini adalah wajah internasional Inter Milan yang terkenal baik untuk kesuksesan di lapangan dan kemampuan pelatihnya, dalam mengembangkan dan membimbing pemain profesional pemula.

    "Tujuan Inter Academy adalah untuk berbagi metodologi pembinaan dan melatih pelatih dan anak-anak di negara mereka sendiri sambil menghormati peraturan sepak bola internasional dan mempertahankan standar moral yang tinggi," jelas dia.

    Dalam akademi ini ditekankan rasa tanggung jawab, dimana proyek ini merupakan cerminan langsung dari sejarah dan filosofi Inter Milan. Menghormati orang lain, partisipasi aktif dalam kehidupan kelompok, bertukar gagasan dan saling berbagi kemenangan dan kekalahan merupakan bagian penting dari etos akademi ini. "Ini merupakan langkah maju yang penting bagi perkembangan permainan di Indonesia," katanya.

    Akademi Persib ini merupakan afterschaol program untuk anak-anak usia dini, terutama usia 10-16 tahun yang tertarik dan memiliki talenta bersepakbola. Nantinya, para peserta didik akan diasah kemampuan mereka dalam bersepakbola, baik secara teknik dan skill.

    "Berbagi semangat dan pandangan hidup dan segala sesuatu yang dimiliki Inter Milan terutama kepada pelatih dan kepada anak anak yang dilatih," sambung Zanetti.

    Bukan tak mungkin, kata Zanetti, kelak jebolan Akademi Persib ini bakal menjadi bagian Tim Nasional yang turut medongkrak prestasi negara. Atau juga, tak menutup kemungkinan direkrut Inter Milan ataupun tim-tim lainnya.

    "Yang penting membina anak-anak di tempat ini prestasinya juga untuk negara ini. Bahwa kemungkinan ada talenta yang istimewa kemungkinan terbuka untuk bergabung dengan Inter atau klub manapun," paparnya.

    Sementara itu, Global Youth Business Director Inter Milan Barbara Biggi, mengatakan Akademi Persib ini adalah proyek jangka panjang. Sebagai awalan, hanya terfokus mengembangkan potensi pemain muda.

    Memang, secara infrastruktur dan sarana di Indonesia jauh berbeda dengan Italia. Kata dia, bisa jadi ke depan akan ikut berkembang.

    "Untuk sekarang ini baru terfokus kepada para pemainnya, untuk ke depannya bisa jadi ke hal yang lainnya. Nanti ke depannya tentunya akan ada perkembangan," pungkasnya.

    Adapun lapangan yang akan digunakan Akademi Persib, yakni di Secapa Ad, Lapangan PPI, Arhanud, Lodaya dan Stadion Siliwangi. (ddy)

    Tags :


    Berita TERKAIT