• Doel Sumbang, Persib Itu Keluarga

    Oleh : Rianto Nurdiansyah16 Maret 2018 04:58
    PERSIB Bandung tak sekadar tim kebangaan musisi kawakan asal Jawa Barat Doel Sumbang. Lebih dari itu, dia katakan, Maung Bandung tak ubahnya seperti keluarga.

    Bukan tanpa alasan penyanyi yang memiliki nama lengkap Abdul Wahyu Affandi ini merasa dekat dengan Persib. Dia membeberkan, sang istri terlahir dari trah Soendoro yang memang banyak menyumbangkan pemain jempolan untuk tim jagoan bobotoh ini.

    Ayahnya alias mertua Doel adalah pemain Persib era 1960-an, yakni Sunarto Soendoro. Begitu pula pamannya, yaitu Risnandar Soendoro bahkan pernah menjadi pelatih Persib.

    "Kakek istri saya itu pendiri Persib. Bapaknya, mertua saya bek Timnas PSSI juga, pamannya mantan pelatih Persib. Jadi buat saya Persib itu keluarga," kata Doel Sumbang, Kamis (15/3).

    Karena itu, dari dulu Doel dan anak-anaknya sangat menggilai Persib. Tak ayal, dia sempat membuat sebuah lagu berjudul 'Persib Maung Bandung' yang didedikasikan untuk tim kebangaannya ini. "Dulu saya bukan keluarga sepak bola, tapi sekarang jadi bagian keluarga sepak bola," tuturnya.

    Karena itu, dia akan terus mendukung Persib sekalipun prestasi tim kebangaanya ini sedang tidak cemerlang. Sebab, Doel sudah sangat cinta pada Maung Bandung. "Mau keok atau menang, mau angin jelek atau angin bagus, saya tetap i love you full," ucapnya.

    Namun bila harus jujur, dia mengaku, merasa bangga sekali ketika Persib mampu mendulang piala dengan kondisi tim tanpa diperkuat pemain asing. Tim idolanya ini sudah pernah membuktikan saat juara Liga Pertama 1994/1995 lalu. Di mana, kala itu hanya diperkuat pemain lokal.

    "Saya sangat bangga sekali kepada Persib ketika menjadi juara nasional dalam kondisi tak ada orang asing yang bermain di dalam tim," paparnya.

    Memang kini zaman sudah berubah, sepak bola nasional kian profesional. Kata dia, tak ada yang salah dengan kompisisi skuat melibatkan pemain impor. Tapi harapan Doel tetap ingin Persib mengoptimalkan pemain lokal, khususnya yang asli dari Jawa Barat.

    "Saya berharap putra-putra daerah ke depan benar-benar bisa mengisi tim Persib secara utuh dan Persib menjadi juara," harapnya.

    Namun pria berusia 54 tahu ini yakin, potensi pemain muda di Indonesia, khususnya di Jawa Barat bisa menandingi kualitas asing. Asalkan, bisa memaksimalkan program pembinaan.

    "Masa sih gak ada bangsa kita yang bisa menggantikan posisi pemain-pemain asing yang bayarannya mahal itu? Insya Allah suatu saat mungkin ada, kalau pembinaan dibangun dengan baik," paparnya.

    Pelantun tembang 'Kalau Bulan Bisa Ngomong' ini juga mengucapkan selamat kepada Persib yang menginjak usia ke-85, Rabu (14/3). Tim kebangaanya tambah tua, Doel berharap, prestasi dan penampilannya semakin yahud.

    "Sekarang 85 tahun, geus kolot (sudah tua). Beuki kolot kudu beuki alus (Semakin tua harus semakin bagus)," pungkasnya. (ddy)

    TAG :


    Berita TERKAIT