• Headline

    Membuat Desain Jersey Persib Harus Pakai Perasaan

    Oleh : Rianto Nurdiansyah20 Maret 2018 07:33

    INILAH, Bandung-JERSEY Persib memang selalu padat diisi berbagai macam ornamen, termasuk logo sponsor. Namun untuk menentukan tata letak itu rupanya tak sembarangan, dibutuhkan pemikiran, dan perasaan.

    Perancang jersey original Persib, Achmad Gunawan Anwar, mengatakan dia menghabiskan 4-5 bulan untuk menemukan desain yang pas. Bagian yang paling mengasyikan sekaligus paling memutar otak yaitu ketika menyematkan beberapa ornamen agar tampak indah.

    Pria karib disapa Iwan ini, memiliki cara tersendiri memasang beberapa ornamen agar presisi. Dia tak menggunakan penggaris atau alat pengukur lainnya, namun hanya mengandalkan tangan untuk mengukur. "Pakaian apapun itu kita harus pakai rasa. Mata dan tangan harus merasakan," ujar pria karib disapa Iwan ini.

    Pria lulusan S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) di STISI Bandung ini pun memperhatikan jenis bahan dan warna kain yang digunakan. Selain berkualitas, dia sampaikan, jersey Persib harus tampak megah bilamana tertangkap kamera televisi.

    "Termasuk mengatur logo sponsor yang harus terlihat jelas walaupun dipandang dari jauh," imbuhnya.

    Bagi Iwan, jersey tak ubahnya sebagai sejarah. Selain piala yang akan dikenang suporter kostum tim juga jadi pelengkap. Karena itu ada kebangaan tersendiri bilamana jersey garapannya mendapat apresiasi.

    Iwan pernah merasakan itu, tatkala kali pertama mendesain jersey Persib. Tepatnya di musim 2009, dia mendapat chalange dari manajemen untuk membuat jersey menonjolkan ciri khas yang kuat.

    "Saat itu aparelnya Joma, dan jersey itu dipajang pada kantor Joma di spanyol," kenangnya. [jek]

    Tags :
    # #


    Berita TERKAIT