• Headline

    Umuh Ingatkan Bobotoh untuk Tidak Melakukan Pembalasan

    Oleh : Rianto Nurdiansyah20 April 2018 09:19
    INILAH, Bandung-Mendiang Micko Pratama (16) Dimas Duha Romli (17) menjadi korban kerasnya dunia suporter Indonesia. Keduanya menghembuskan nafas terakhir seusai mendukung tim jagoannya.

    Micko adalah suporter Persebaya yang menjadi korban pengeroyokan sejumlah orang tak dikenal di Solo, Jawa Tengah, seusai mendukung Persebaya versus PS Tira, Sabtu (14/4/2018). Sedangkan Dimas seorang Aremania yang meninggal setelah menjadi korban kericuhan laga Arema FC kontra Persib Bandung, Minggu (15/4/2018).

    Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar pun mengkomentari kejadian ini. "Ini kerugian yang sangat konyol menurut saya, dan tidak ada artinya, tidak akan mengubah apapun justru akan saling mendendam terus," ujar Umuh, Kamis (19/4/2018).

    Dia katakan, perseteruan maupun kejadian yang bisa mengakibatkan hilangnya nyawa sudah selayaknya tak kembali terjadi di sepak bola nasional. Yang lebih penting, yaitu bersama membangun sepak bola yang fairplay.

    "Sekarang itu gimana caranya membina, membangun perselakbolaan masing-masing daerah tapi semuanya harus damai," ucapnya.

    Menurut Umuh, kuncinya ada di Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Artinya, jika ada aturan yang bisa bikin benar-benar jera, tentu kejadian hilangnya nyawa bakal dapat diantisipasi.

    "Kunci ada di PSSI berikan sanksi-sanksi yang jelas. Contoh PSSI yang zaman dulu, tapi yang baik-baiknya, jangan yang tidak baiknya," katanya.

    Timnya memang sempat berada di antara kericuhan saat melawat ke markas Arema FC, Stadion Kajuruhan, Malang, pekan lalu. Suporter tuan rumah menggeruduk turun ke lapangan. Pelatih Persib, Mario Gomez pun menjadi korban pelemparan hingga luka di pelipis.

    Umuh mengingatkan, jangan sampai bobotoh membalas tatkala kedua tim kembali bertemu di putaran dua Liga 1 2018.

    "Saya tetap memohon kepada bobotoh jangan membuat balasan. Kalau saling balas celaka. Tidak akan selesai nanti," pungkasnya.

    TAG :


    Berita TERKAIT