• Headline

    Cegah Lemparan Botol, Pedagang Kini Dilarang Jualan di Dalam Stadion

    Oleh : Rianto Nurdiansyah21 April 2018 12:46
    INILAH, Bandung-Laga kandang Persib Bandung tak jarang jadi sumber rezeki bagi beberapa pihak, termasuk pedagang asongan. Di Stadion, pedagang asongan memang kerap mondar-mandir menjajakan jajanannya seperti air mineral, kacang hingga tahu Sumedang.

    Panitia Pelaksana (Panpel) Persib memang tak pernah melarang para pedagang asongan untuk berjualan di sekitar Stadion. Termasuk Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung, yang dijadikan base Maung Bandung.

    Namun di laga Persib kontra Borneo FC, Sabtu (21/4), para pedagang asongan bakal disweeping. Itu agar laga Persib lebih kondusif.

    "Lucu ya, ketika penonton yang sudah punya tiket ketika masuk tribun dipindahkan air minumnya dari botol ke plastik, sementara di dalam ada dijual minuman kemasan botol," ujar General Koordinator Panpel Persib, Budi Bram di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat (20/4).

    Sebelumnya, Bram berkonsultasi dengan jajaran pengamanan, seperti Polisi dan Satpol PP. Juga dengan pihak pengelola Stadion.

    Hasil pembicaraan, pedagang tak diperbolehkan berjualan di beberapa area, termasuk di tribun stadion.

    "Pedagang-pedagang itu sebenarnya dilarang apabila tempat itu bukan diperuntukan berdagang. Salah satunya di tribun," ucapnya.

    Sebelum laga, dia sampaikan, meminta pihak keamanan untuk menyisir beberapa area agar bebas dari pedagang asongan. Pedagang tersebut hanya diperbolehkan berjualan di luar stadion.

    "Kami akan berupaya bahwa pedagang-pedagang itu akan kami sisir sebelum pertandingan. Supaya tidak ada yang berjualan di tribun," paparnya.

    Secara teknis, akan diserahkan kepada pihak keamanan. Karena itu, Panpel meminta bantuan kepada Satpol PP untuk menjadikan tribun penonton steril dari pedagang asongan.

    "Makanya kami minta bantuan kepada pihak Satpol PP, itu kita serahkan bagaimananya kepada beliau-beliau," jelasnya.

    Bram tidak mengetahui apakah para pedagang ini teroganisir atau tidak. Yang pasti, ucap dia, para pedagang ini akan diingatkan agar tak menyalahi aturan selama mengais rezeki di stadion.

    "Yang pasti, kita minta bantuannya supaya para pedagang ini benar-benar diingatkan supaya tidak berjualan di dalam tribun," jelasnya.

    Menjamu Borneo FC nanti, Bram katakan, keamanan pun akan ditingkatkan. Mengingat, pada dua laga kandang terakhir ada beberapa kejadian yang membuat Maung Bandung mendapat denda dari Komisi Disiplin PSSI.

    "Dengan pihak kemanan akan tetap dikoordinasikan, difokuskan pada beberapa kejadian di dua laga kandang sudah ada denda," pungkasnya.


    Tags :
    # #


    Berita TERKAIT