• Headline

    Persembahan Koreografi 3D untuk Bonekmania

    Oleh : Rianto Nurdiansyah24 Mei 2018 22:15
    CREATIVE Division 33 kembali menampilkan koregrafi. Kali ini, mereka tujukan untuk Bonekmania pendukung Persebaya Surabaya atas tragedi bom bunuh diri di Surabaya.

    Bobotoh memang memiliki kedekatan spesial dengan pendukung Persebaya Surabaya, Bonekmania. Persahabatan yang kuat tak jarang saling memberikan dukungan di antara dua kubu suporter ini.

    Tak hanya lewat media sosial, secara terang-terangan bobotoh memberikan pesan simpatik melalui penampilan koregrafi 3D (tiga dimensi). Seperti yang terjadi di Tribun Timur Stadion GBLA, Kota Bandung saat Persib menjamu PSM Makassar, Rabu (23/5) Malam.

    Viking Persib Club (VPC) melalu Creative Division 33 yang memberikan persembahan itu. Untuk koreo kali ini, gambar 3D terpampang di Tribun Timur Atas dan Bawah. Untuk Tribun Timur Atas, identitas Kota Surabaya, yakni gambar ikan hiu dan buaya yang sedang saling meliuk pertama ditampilkan.

    Disusul munculnya gambar di Tribun Timur Bawah yang mencerminkan keakraban Bobotoh dan Bonekmania. Di mana tampak gambar maung pada bagian center menggunakan jersey nomor punggung 33 (mengacu pada 1933, tahun didirikannya Persib) sedang menghadap belakang.

    Gambar maung ini diapit oleh buaya yang menggunakan jersey nomer 27 (mengacu pada 1927, tahun berdirinya Persebaya) sedang merangkul bahu dari sebelah kiri. Sedangkan di samping kanan gambar ikan hiu menggunakan jersey nomer 12 sebagai makna dari pemain ke-12.

    Tak hanya gambar, pesan juga disampaikan melalui tulisan "#PrayForSuroboyo" di bagian paling atas dan "Kami Selalu Bersamamu" berada di paling bawah.

    Tentu saja kreasi ini ditujukan untuk Bonekmania, khususnya masyarakat Surabaya, Jawa Timur menyinggung tragedi bom beberapa hari lalu. Karena kejadian itu, kedua tim kebangaannya pun gagal bertemu.

    "Karena dulur. Kemudian kemarin ada kejadian bom kita turut prihatin masyarakat Jawa Barat khususnya bobotoh makanya kita bikin koreo seperti itu," kata Yana Umar, Dirigen VPC, Kamis (24/5).

    Yana berharap, pesan yang dihadirkan pada koreo ini sampai pada warga Surabaya juga Bonekmania. Yaitu bangkit setelah mengalami tragedi bom bunuh diri yang menelan banyak korban dan luka-luka.

    Pihaknya memang kerap kali membuat pertujukan koreo di laga kandang Maung Bandung. Terutama di Liga 1 2018. Hanya lawan Persipura pada 12 Mei lalu urung dilaksanakan lantaran waktu yang sempit.

    Musim lalu pun begitu. Bobotoh mungkin masih ingat, tatkala muncul tulisan "Save Rohingya" di Tribun Timur Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/9/2017). Karya mereka dalam laga Persib kontra Semen Padang di Liga 1 2017 itu berujung sanksi.

    Yana tak habis pikir bilamana koreografi kali ini pun akan kembali diganjar sanksi. Mengingat murni karena kemanusiaan juga didadasari persahabatan dengan kelompok suporter lain. "Ini mah kemanusiaan masa di negara sendiri di bom terus kita bikin respek seperti itu harus disanksi?" katanya.

    Lebih lanjut, Persib unggul 3-0 dari PSM. Yana pun turut bahagia lantaran tim kebangaanya kembali menguci hasil maksimal di laga kandang. "Alhamdulillah hasil Persib juga bagus, memang di pertandingan ini," pungkasnya. (ddy)



    TAG :


    Berita TERKAIT