• Headline

    Netty Heryawan Bangga Bobotoh Kreatif Tak Hanya Tukang Sorak

    Oleh : Rianto Nurdiansyah14 Juni 2018 10:35
    INILAH, Bandung-Dewasa ini bobotoh memang tak hanya menjadi tukang sorak di stadion pada laga Persib. Industri kreatif pun kian marak yang memproduksi marchandise bertema Persib atau bobotoh.

    Istri Gubernur Jawa Barat (Jabar) Periode 2008-2018, Netty Prasetiya Heryawan memberi komentar mengenai fonomena ini. Dia bangga, trenyuh juga terharu lantaran bobotoh mampu menujukkan eksistensinya di luar stadion dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat.

    "Ini yang membuat saya bangga, trenyuh terharu, karena militansi bobotoh tidak hanya di lapangan, yang bisa bersorak-sorai dan membirukan stadion. Tetapi ternyata bobotoh juga memiliki semangat untuk jihad ekonomi, nah ini yang luar biasa," ujar Netty di Lapangan Sidolig, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu (13/6) Malam.

    Di balik militansi bobotoh tatkala mendukung Persib, Netty memberikan acungan jempol. Mengingat banyak pula bobotoh yang memiliki semangat mandiri secara ekonomi.

    "Ingin eksis tanpa harus melakukan perbuatan tindakan yang merugikan orang lain dan itu yang harus diapresiasi," kata Istri dari Ahmad Heryawan ini.

    Menurut Netty, ke depan Indonesia membutuhkan kelompok alias komunitas yang serupa dengan bobotoh. Yang memang sangat spartan dan loyal tatkala memperjuangkan sesuatu yang dibanggakannya. Di balik itu secara mandiri membangun ekonomi kreatif.

    "Kalau Indonesia punya seperlima saja penduduknya yang seperti bobotoh, Indonesia bisa lebih maju. Tenaga Kerja Asing juga bisa dihalau," pungkasnya.



    TAG :


    Berita TERKAIT