• Instrat: Elektabilitas Oded-Yana Tertinggi

    Oleh : Rianto Nurdiansyah22 Juni 2018 14:58
    INILAH, Bandung-Jelang Pilkada Kota Bandung 2018, Lembaga kajian isu strategis, politik dan sosial humaniora, Indonesia Strategic Institute (Instrat) melakukan survei tahap akhir.

    Hasil survei , pasangan Oded-Yana menempati posisi puncak perolehan potensi elektabilitas sebesar 37,13%. Disusul Nurul-Rulli sebesar 21,18% dan di posisi terakhir Yossi-Aries sebesar 15,95%.
    Adapun responden yang masih belum menentukan pilihan atau tidak mau menjawab sebesar 25,28%. Adapun golput sebesar 0,46%.

    "Jika tidak ada situasi tertentu yang luar biasa, sekilas akan dapat diprediksi bahwa pasangan Oded-Yana menjadi pemenang Pilwalkot Bandung 2018 ini," ujar Analis Instrat Sidrotun Naim, Jumat (22/6/2018).
    Menurut Naim, karakteristok warga Kota Bandung relatif cenderung dinamis tatkala menentukan pilihan. Indikasinya, tampak pada hasil survei sangat fluktuatif dari bulan ke bulan.

    Berkaca pada data awal, sebelum dimulai masa kampanye, secara elektebilitas individu sosok Oded M Danial menjadi paling potensial dibanding sosok lain. Namun setelah masa kampanye yang berlangsung 3 bulan, peta persaingan kian ketat. Hal tersebut lantaran paslon Nurul-Rulli dan Yosi-Aries bergerak masif.

    "Kami juga kaget karena hasil survei terus berubah terutama jelang pencoblosan. Tapi kami percaya diri menyebutkan Mang Oded akan unggul karena margin of error 4,7%," ucapnya.

    Naim menjelaskan, pihaknya melakukan survei menggunakan pengumpulan data berbasis wawancara terstruktur face-to-face ke responden dengan usia minimal responden 17 tahun atau sudah menikah.
    Rentang pengambilan data 18-21 Juni 2018, multistage random sampling, meliputi 118 kelurahan dari 30 kecamatan di seluruh Kota Bandung. Adapun jumlah responden sebanyak 439 orang.

    TAG :


    Berita TERKAIT