• Headline

    Legenda Persib: Jangan Bangga Jadi Pemain Cadangan

    Oleh : Rianto Nurdiansyah17 Juli 2018 08:14
    fotografer: Rianto Nurdiansyah
    INILAH, Bandung-Siapa tak bangga bagi seorang pemain sepak bola asal Jawa Barat dapat membela Persib Bandung. Tentu saja, siapapun ingin memperkuat tim kebangaan bobotoh ini.

    Namun Legenda Persib Adeng Hudaya mengatakan Jangan bangga menjadi bagiat tim bilamana hanya memanaskan bangku cadangan.

    "Jangan bangga Pemain Persib Bandung tapi duduk di bangku cadangan," ujar Adeng, Senin (16/7).

    Kata dia, boleh bangga jika bisa memberikan kontrobusi besar kepada Persib. Demikian, harus turun dalam laga untuk mengincar kemenangan.

    Memang tak mudah, mengingat saingan di dalam skuat pun selalu ketat. Namun, salah satu caranya menujukan kesungguhan dalam sesi latihan. Jika bisa membeli hati seorang pelatih dengan kerja keras, maka bukan tidak mungkin akan mendapatkan menit bermain.

    "Bagaimana caranya harus benar-benar menunjukan kesungguhan kepada pelatih dalam latihan," katanya.

    Namun kata Adeng, pemain inti pun jangan lengah. Terus menujukan kualitas, agar posisinya tidak digeser permain pengganti. kerena itu, dia sampaikan, konsistensi pun harus benar-benar diperhatikan.

    "Sekarang yang jadi pemain inti jangan pengen diganti sama cadangan, kecuali kalau mendapatkan kartu kuning atau kartu merah diganti," katanya.

    Selain itu, ucap dia, pemain pun perlu mawas diri dengan usia. Seperti yang dilakukan Adeng, setelah merasa tak lagi bisa memberikan sumangan tenaga dan pikiran untuk Persib, dia memilih gantung sepatu. Itu di tahun 1994 silam.

    "Saya di usia 38 gantung sepatu. Karena merasa sudah tidak bisa menjadi contoh. Setelah itu ban kapten dipercaya kepada Robby," katanya.

    Menurut Adeng, usia produktif pemain sepak bola itu 25-30 tahun. Hanya segelintir pemain yang mampu konsiten menginjak usia di atas itu. Salah satunya Cristian Gonzales. Karena itu, harus terus menjaga performa agar tetap stabil.

    "Usia 34-35 bisa main tapi gak akan full ada apalagi kalau tambah 2 x15 menit.Makanya jangan ditinggalkan latihan, contoh Gonzales, sudah uzur tapi polanya, seperti tidur, cara latihan betul," bebernya.

    Selain itu, Adeng juga berharap para pemain muda patuh pada instruksi pelatih. Seperti dirinya yang harus berpindah posisi dari striker menjadi stoper. Lataran itu kebutuhan tim, maka dia tak komplain ketika dipercaya mengisi sektor yang bukan tempatnya.

    "Pemain belakang tugasnya menjaga gawang jangan sampai gol, daripada gol lebih baik corner, daripada corner lebih baik out, daripada out lebih baik ditendang ke depan," imbuh dia.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT