• Headline

    Ini Alasan Kenapa M Natshir Masih Jadi Kiper Utama Persib

    Oleh : Yogo Triastopo23 Juli 2018 14:15
    INILAH, Bandung - Kiper M Natshir Fadhil Mahbuby masih menjadi andalan Persib Bandung hingga paruh musim kompetisi Liga 1 Indonesia 2018.

    Pemain kelahiran 13 Februari 1993 tersebut, sudah mengoleksi kurang lebih 1170 menit bermain dari 13 penampilannya bersama Maung Bandung.

    Hitungan itu meninggalkan jauh tiga kiper lainnya yang dimiliki skuat Persib yakni I Made Wirawan, Imam Arif Fadillah dan M Aqil Savic.

    Padahal secara kualitas, kemampuan rata-rata penjaga gawang milik tim kebanggaan Bobotoh diamini Pelatih kiper Anwar Sanusi tak berbeda jauh.

    “Itulah keunikan posisi kiper, potensi rotasi sangat kecil. Di awal kita sudah ploting kiper utama, ketiga dan ke empat. Sudah seperti itu,” kata pria yang karib disapa Away, Senin (23/7/2018).

    Menurut dia, untuk menggeser kiper utama dalam sebuah tim terbilang sulit. Seperti M Natshir, posisinya baru akan tergeser jika kondisi genting.

    Eks kiper Arema tersebut akan tergeser apabila mendapat hukuman akumulasi kartu, cedera atau utamanya melakukan banyak kesalahan.

    “Kalau keadaan normal sangat sulit dirotasi. Ini bukan hanya di Persib, tapi di tim Eropa juga. Kalaupun dirotasi, ya karena situasi urgent,” ucapnya.

    Anwar mengatakan, kebutuhan posisi kiper ada di ranah tim pelatih. Dia mengaku tak dapat menentukan atau melakukan intervensi.

    “Tugas saya hanya menjaga performa kiper dan saya tidak bisa merekomendasi. Yang menentukan kiper adalah tim pelatih, ada di ranah pelatih,” ujar dia.

    Termasuk dalam hal urusan perekrutan posisi kiper dalam bursa transfer di musim ini. Lagi pula, penerimaan harus berdasarkan kebutuhan.

    “Kita lihat dulu urgensinya untuk apa, terus pemain yang didatangkan seperti apa. Kalau di bawah (kualitasnya) buat apa didatangkan,” tandasnya. [gin]

    TAG :


    Berita TERKAIT