• Headline

    Sandiwara Sepak Bola di Duel Persib Vs Persija

    Oleh : Rianto Nurdiansyah18 September 2018 11:05
    INILAH, Bandung-Usai melawat ke markas Borneo FC, Persib Bandung langsung akan menghadapi partai penuh gengsi, kontra Persija Jakarta pada Minggu (23/9/2018) nanti. Pertemuan kedua tim selalu panas diperparah oleh hubungan kedua pendukung yang tak kunjung harmonis.

    Mantan Pemain Persija, Vennard Hutabarat pun ikut bicara soal duel panas ini. Dia pernah merasakan besarnya animo dan tekanan bobotoh.

    "Kalau saya merasa sama saja, ketika Persib main di Persija juga sama yang dilakukan (The Jakmania)," ujar Vennard, di Kota Bandung, Senin (17/9/2018).

    Bahkan sempat menggunakan kendaraan perintis (rantis) ketika timnya bertamu ke kandang Maung Bandung di Stadion Siliwangi. Namun, menurut dia, fenomena naik rantis di perhelatan sepak bola domestik ini adalah hal yang biasa saja.

    "Ketika main di Siliwangi juga saya pernah merasakan naik rantis. Itu hal yang biasa," katanya.

    Hanya saja, Vennard menggaris bawahi jangan sampai serunya pertandingan di lapangan dirusak oleh ulah oknum penonton. Sebab, walaupun tensi tinggi selalu tersaji pada duel Persib versus Persija, tetap saja di luar itu pemain maupun manajemen bersahabat.

    "Kadang-kadang saya juga kalau jadi komentator saat Persib lawan Persija bayak dimaki-maki bobotoh. Itulah sandiwara sepak bola," katanya seraya menambahkan, jika berkecimpung di dunia sepak bola harus siap dengan resiko itu.

    Sejauh ini Vennard menjalin hubungan sangat baik dengan penggawa Persib. Sebut saja Atep, Inkyun Oh, Dedi Kusnandar, Henhen Herdiyana hingga Ardi Idrus. Mengingat Vennard juga ikut andil dalam endorsmen produk para pemain pujaan bobotoh tersebut.

    "Hubungan sama pemain, kami baik-baik saja," ucapnya.

    Soal laga nanti, Mantan Kapten Timnas Futsal Indonesia ini menilai Persib lebih diunggulkan. Selain sebagai tuan rumah, skuat asuhan Mario Gomez pun mampu tampil konsisten di Liga 1 2018.

    Hal tersebut berbanding terbalik dengan Macan Kemayoran, yanv akhir-akhir ini permainannya naik-turun.

    "Sekarang tajuknya tuan rumah Persib. Persib dengan didukung oleh bobotoh banyak, dengan intimidasi itu mental pemain pasti akan ciut. Tuan rumah bagaimanapun pasti diunggulkan," paparnya.

    Menurut dia, sayap kiri Persib yang diisi oleh Ghozali Siregar adalah lini terkuat Maung Bandung. Pergerakan mantan pemain PSM Makassar tersebut tak jarang meruskan konsentrasi pertahanan lawan.

    "Dan sering membuka ruang buat pemain lainnya. Sekarang Jonathan Bauman juga lagi bagus, juga Inkyun Oh," pungkasnya. [jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT