• Helmi Budiman: Merajut Garut

    Oleh : Ghiok Riswoto13 Maret 2017 23:32
    •  Share
    MENGANGKAT Potensi Garut, menghadirkan tata kelola yang baik di daerah berjuluk Swis Van Java menjadi mimpi setiap pimpinan daerah. Hal itu juga yang menjadi keinginan Wakil Bupati Garut, dr. H. Helmi Budiman, memanfaatkan potensi dan terus merajut impian seluruh warga Kabupaten Garut.

    Mengemban amanah sebagai orang nomor dua di Kabupaten Garut memang bukan sesuatu yang mudah. Tak hanya dituntut bekerja keras dalam melaksanakan tanggung jawab, inovasi, dan kesungguhan untuk membangun daerah menjadi sebuah keharusan. Kondisi itupun dirasakan betul Wakil Bupati Garut, dr. H. Helmi Budiman.

    Sebagai orang nomor dua di Kabupaten Garut, Helmi mengaku sangat berharap bisa mewujudkan harapan dan impian seluruh warga Garut. Namun, Helmi juga tak memungkiri berbagai upaya yang sudah dilakukan Pemkab Garut masih perlu terus didorong dan ditingkatkan.

    Pria kelahiran Tasikmalaya, 5 Mei 1971 ini mengungkapkan, beberapa progres pembangunan di Kabupaten Garut sebenarnya mulai terlihat saat ini. Namun, karena berangkat dari daerah yang menyandang status tertinggal di banding kota/kabupaten lainnya, perjuangan Pemkab Garut memang butuh kerja keras dan berkesinambungan.

    Helmi mencontohkan, berangkat dari IPM terendah di Jabar, kini perlahan-lahan Garut mulai bisa bergeser dua tingkat lebih atas. Artinya, beberapa langkah yang sudah dilakukan selama ini mulai terlihat membuahkan hasil. "Alhamdulillah, meskipun kami akui masih berada di urutan bawah tapi IPM Kabupaten Garut naik signifikan. Berangkat dari IPM paling rendah, kini posisi kita naik dua tingkat. Saya hanya berharap masyarakat melihat angka kenaikannya, bukan terus melihat urutan dari bawahnya saja," ungkap Helmi saat berbincang dengan INILAH, beberapa waktu lalu.

    Mantan Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Garut periode 2009-2014 ini mengungkapkan, selain kenaikan IPM, saat ini kemantapan jalan di Kabupaten Garut juga sudah menjadi 70 persen dari semula hanya 30 persen. Kenaikan yang tentu juga signifikan karena lebih dari 100 persen.
    "Sekali lagi Alhamdulillah kemantapan jalan di Kabupaten Garut saat ini sudah mencapai 70 persen. Memang pasti masih ada yang rusak karena masih 30 persen lagi yang akan kita tuntaskan. Tapi artinya ada pergerakan signifikan di Kabupaten Garut," ujarnya.

    Lebih lanjut Helmi mengungkapkan, salah satu potensi besar Garut adalah sektor pariwisata. Karenanya, salah satu target pengembangan Kabupaten Garut adalah dunia pariwisata. Sayangnya, karena kurangnya informasi keluar bagaimana obyek wisata di Kabupaten Garut, hingga saat ini masih banyak yang belum mengetahui secara detail keindahan dunia pariwisata Garut.

    "Ini salah satu tantangan, bagaimana kemudian kami bisa menyosialisasikan kekayaan wisata Garut. Kami berani jamin, di banding daerah lain masih banyak yang lebih bagus di Kabupaten Garut," paparnya.

    Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini menambahkan, ke depan selain akan mendorong destinasi lebih lama bagi para wisatawan, Pemkab Garut akan mengembangkan juga Desa Wisata dan Industri Kreatif. Harapannya, perlahan-lahan hal itu akan bisa segera diwujudkan "Kami memiliki lebih dari 40 desa wisata di sini dengan masing-masing keunggulannya. Saat ini kami tengah menggenjot supaya tingkat kunjungan wisatawan ke Garut bisa lebih lama. Kalau sekarang baru kisaran satu sampai dua malam," paparnya.

    Dalam bincang-bincang akrabnya, selain membicarakan program-program yang tengah digagas Pemkab Garut, Helmi juga berharap bisa mendapat dukungan dari semua kalangan masyarakat Garut termasuk media dalam mengangkat potensi wisata. Karena dengan melibatkan seluruh kalangan menurut Helmi, informasi Garut dan berbagai potensinya akan bisa cepat dikenal masyarakat luar daerah. (ghi)

    Ekplorasi Budaya dan Pementasannya

    MEMAANTASKAN Garut dengan merias, mempercantik, menata kota, membangun infrastruktur dan ekplorasi potensi baik wisata maupun industri adalah langkah yang tak akan pernah berhenti dilakukan. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Garut, dr H. Helmi Budiman.

    Menurut Helmi sudah menjadi sebuah kewajiban bagaimana dirinya bersama Bupati, serta seluruh perangkat jajaran Pemkab Garut untuk terus membangun dan membangun. Helmi juga mengaku tak pernah bosan mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga daerahnya dengan menumbuhkan kesadaran menjaga lingkungan dan kebersihan.

    "Saya bersama Pak Bupati tidak akan pernah lelah untuk mengabdi. Tapi tentu saja, karena setiap langkah kebijakan pemerintah itu harus dua arah dengan partisipasi aktif masyarakat. Maka peran dan partisipasi aktif masyarakat Garut juga dibutuhkan dalam pembangunan ini," ujarnya.

    Helmi mengatakan, mengungkap terkait kekayaan wisata di Garut, selain Cipanas, Kabupaten Garut merupakan surganya wisata mulai dari Kawah Kamojang, Candi Cangkuang, Arung jeram di Cimanuk sampai dengan wisata Pantai di Ranca Buaya, Ngamplang, Candi Cangkuang, Situ Cangkuang, Curug Orok, Curug Cihangwar, Curug Neglasari, dan pastinya Rancabuaya.

    "Kami memiliki bukit dan pantai, curug semuanya ada di Garut. Inilah yang ingin kami terus kembangkan. Lihat saja selain tadi yang sudah disebutkan, Garut juga memiliki Kawah Papandayan, Karang Pranje, Saneang, Sayang Heulang, Situs Ciburuy, dan Kampung Adat Dukuh. Tinggal bagaimana kami bisa memanfaatkan itu semua," urainya.

    Dia menambahkan, untuk mendorong tersosialisasinya potensi tersebut di tahun 20117, Pemkab Garut pun akan memulai ekplorasi budaya dengan menghadirkan kalender even secara berkala. "Kami butuh banyak kegiatan yang bisa menarik kunjungan. Salah satu solusi yang tengah kami persiapkan adalah ekplorasi budaya dengan menampilkan semua kekayaan budaya melalui even-even reguler di Kabupaten Garut," tambahnya.

    Helmi menambahkan, tak bisa dipungkiri masih banyak tantangan yang harus diselesaikan Pemkab Garut untuk bisa memantaskan diri menjadi destinasi wisata unggulan. Namun, Helim yakin perlahan-lahan dengan semangat dan pengabdian yang ikhlas seluruh elemen, Garut akan benar-benar menjelma menjadi destinasi wisata unggulan dan sebenar-benarnya menjadi Swiss Van Java. (ghi)


    Biodata
    Nama : dr H. Helmi Budiman
    TTL : Tasikmalaya, 5 Mei 1971

    Pendidikan
    SDN Raksanagara Ciawi, Tasikmalaya Tahun 1984
    SMP Negeri Ciawi, Tasikmalaya Tahun 1987
    SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun 1990
    Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Bandung Tahun 1996

    Organisasi
    1991 s.d 1992 : Anggota Dewan Pertimbangan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran
    1992 s.d 1994 : Ketua Dewan Keluarga Masjid Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran
    2005 : Bendahara DPD PKS Garut
    2005 s.d 2010 : Ketua DPD PKS Garut
    2004 s.d sekarang : Ketua DPD Gema Keadilan Garut
    2013 s.d sekarang : Wakil Ketua Syarikat Islam Garut

    Karier
    1997 s.d 2000 : Dokter di Puskesmas Cimari Kec. Cikelet
    : Kepala Klinik Cisanca, Tarogong Kaler Garut
    : Plt. Kepala Puskesmas Cimari, Garut
    2009 s.d 2014 : Ketua Komisi D DPRD Garut
    2014 s.d sekarang : Wakil Bupati Garut




-->