• Buka Puasa Lengkap Bagi Pecinta Durian

    Oleh : Dery Fitriadi Ginanjar06 Juni 2017 10:09
    INILAH, Bandung - Pada bulan Ramadan, tentu konsumsi makanan kita terbatas. Bahkan apa yang diinginkan belum tentu terpenuhi. Apalagi bagi pecinta makanan tertentu dengan jumlah kalori cukup besar, misalnya durian. Pasalnya kita sudah keburu kenyang dengan menu berbuka sebelumnya.

    Kondisi tersebut ditangkap Mira Hakim, pemilik Jifast Durian Cafe. Mira berinovasi supaya pecinta durian bisa menikmati menu buka sambil mencicipi duriannya.

    Melalui berbagai eksperimen, muncullah Ayam Goreng Sambal Durian. Seperti ayam goreng secara umum, menu ini terdiri dari paket nasi, ayam goreng, tahu, tempe, lalapan, dan sambal.

    Secara kasat mata tidak ada yang berbeda. Namun saat mencicipi menunya, perbedaan akan terasa saat melahap sambal. Pasalnya sambal tersebut, meski pedas terdapat rasa durian. Rasanya? Sangat enak. Ada perpaduan pedas ala sambal bercampur gurih dan aroma durian. Sensasional.

    Menurut Mira, ide awal muncul berdasarkan kegalauan dirinya susah menikmati menu makanan buka puasa, selanjutnya durian. Sebagai pecinta durian, sulit menikmati buah beraroma menyengat ini akibat keterbatasan waktu selama Ramadan.

    "Berkenaan dengan bulan Ramadan, Jifast pengen menghadirkan variasi baru. Salah satunya ayam goreng sambel durian. Masyarakat kita kan suka pedas, lalu coba dikombinasi pedas dan durian. Jadi ada gurih, segar, dan pedas," kata Mira saat ditemui di Jifast Durian Cafe Jalan Ahmad Yani No 276 Kota Bandung, Senin (5/6).

    Menurut Mira, awalnya merasa ragu dan khawatir menu sambal durian akan ditolak konsumen. Di luar dugaan, justru pelanggan banyak yang menyukai.

    "Sambal durian ini tidak mengubah rasa. Pedasnya tetap terjaga. Tapi memang ada duriannya. Umumnya konsumen cerita suka, ujarnya.

    Seorang pengunjung, Eka Rostika (20) mengaku memesan Ayam Goreng Sambil Durian karena penasaran. Awalnya dia mengetahui menu ini dari media sosial. Lalu saat tiba di Jifast, dirinya mencoba memilih beberapa menu.

    "Setelah bolak balik milih, saya akhirnya tetap kembali pada Ayam Goreng Sambal Durian. Pas dicoba, rasanya enak, sambelnya beda dr sambal biasa. Ada rasa dan wangi duriannya," ujarnya.

    Eka yang ditemani pacarnya menuturkan, menu ini tidak berdampak pada keanehan rasa. Tidak ada mual karena menu unik ini.

    "Di Jifast kan duriannya alami, manis, gak mual. Enak banget," kata Eka.

    Untuk mendapatkan menu Ayam Goreng Sambal Durian ini, kita hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp30 ribu. Sebagai saran, untuk menemani menu tersebut, patut dicoba jus durma yaitu jus perpaduan durian dan kurma. Rasanya? Silahkan coba sensasinya. Dijamin pecinta durian akan puas dengan dahaga duriannya. Harga jus durma ini sekitar Rp25 ribu. (*)