• Indahnya Mata Air Cijanun di Selatan Purwakarta

    Oleh : Asep Mulyana10 Juli 2017 22:33
    fotografer: net
    INILAH, Purwakarta - Potensi wisata di Kabupaten Purwakarta seolah tak pernah habis. Kabupaten kecil itu punya banyak lokasi wisata tersembunyi yang cukup eksotis.

    Lokasi indah ini bahkan ada yag sangat jarang dijamah oleh manusia. Salah satunya di Kampung Lembang Sari, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong.

    Di wilayah bagian selatan Purwakarta itu, ada sebuah tempat yang menyuguhkan pemandangan alam berupa mata air besar berhias taman batu. Sekelilingnya terhampar pegunungan hijau.

    Namanya Mata Air Cijanun. Lokasi wisata alam itu baru ngehits beberapa bulan lalu. Selain bisa menikmati suasana alam yang masih asri, para wisatawan bisa bebas bermain air. Posisinya di atas pegunungan.

    Pengelola Mata Air Cijanun Imran Salim mengatakan, setiap akhir pekan atau saat musim liburan, lokasi wisata baru ini selalu dipadati pengunjung.

    Tak hanya wisatawan lokal, tapi luar daerah. Mungkin, saat ini tempat tersebut menjadi salah satu destinasi baru tujuan masyarakat untuk berwisata. “Alhamdulillah, baru beberapa bulan dibuka sudah banyak pengunjung yang datang,” ujar Imran, akhir pekan kemarin.

    Imran menjelaskan, selain keindahan alam yang masih asri, taman batu berhias mata air itu jadi daya tarik tersendiri.
    Tak heran, banyak di antara pengunjung memanfaatkan lokasi ini untuk sekadar berfoto.

    “Eksotika alam di Cijanun sangat luar biasa. Apalagi, lokasi ini dikelilingi panorama lain berupa taman batu. Sehingga, menjadikan tempat ini lebih indah,” jelas dia.

    Dia menambahkan, taman batu yang terdapat mata air besar ini berada di atas tanah seluas 5.000 m2 milik pemerintah.
    Rencananya, lokasi wisata baru ini akan diperluas dengan memanfaatkan empat hektare lahan lain yang ada. Ke depan, di lokasi itu akan banyak terdapat wahana lain yang bisa dinikmati pengunjung.

    “Penataan objek wisata ini akan dilakukan secara bertahap. Kita akan bangun beragam wahana lainnya. Supaya, tempat ini salah satu menjadi wisata alam unggulan lainnya yang ada di Purwakarta,” tambah dia.

    Bagi yang berniat datang ke Cijanun, tak perlu khawatir tersesat. Sebab, kampung wisata ini sangat mudah dicari.
    Wisatawan yang datang dari Bandung ataupun Jakarta via Tol Cipularang, cukup keluar Gerbang Tol Sadang atau Jatiluhur. Kemudian, ambil arah perjalanan yang menuju Wanayasa.

    Sepanjang perjalanan, wisatawan pun akan dimanjakan dengan hamparan hutan yang membuat perjalanannya semakin nyaman. Setelah melewati Situ Wanayasa, sekitar 500 meter di depannya ada pertigaan jalan. Dari pertigaan itu, wisatawan jangan mengambil jalur yang belok ke kiri, tapi mengambil jalur lurus lalu belok ke kanan. Kemudian, ikuti terus jalan yang sudah beraspal itu.

    Dari pertigaan Wanayasa, kurang lebih sekitar lima kilometer perjalanan menuju Kecamatan Bojong. Sangat mudah menuju lokasi mata air besar ini. Meskipun minim penunjuk arah, tapi jika bertanya lokasi Cijanun kepada warga sekitar maka pasti semua warga menuju Kecamatan Bojong akan mengetahuinya.

    Jika dihitung total, jarak tempuh menuju mata air panas sekitar 30 kilometer dari pusat kota. Akses jalan menuju kawasan tersebut pun sudah sangat bagus. Bahkan, warga yang datang ke lokasi ini akan disuguhi oleh pemandangan yang sangat luar biasa berupa hamparan perkebunan hijau di kiri kanan jalan. [gin]



meikarta.. the world of ours