• Rindu 'Kaulinan Lembur'? Datang Saja ke Alun-alun Purwakarta

    Oleh : Asep Mulyana12 Juli 2017 23:46
    INILAH, Purwakarta - Rindu permainan tradisional? Datang saja ke Taman Pasanggrahan Padjadjaran (Alun-alun) Purwakarta. Di sana, ada ruang khusus bagi masyarakat yang ingin menikmati permainan trasional alias kaulinan budak lembur.

    Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda, olahraga, Budaya dan Pariwisata, Kabupaten Purwakarta Heri Anwar menyampaikan alasan keberadaan ruang khusus tersebut.

    Menurut dia, animo masyarakat Purwakarta terhadap permainan tradisional sangat besar. Sebut saja permainan sonlah, bebeletokan, jajangkungan, sodor, galah, main kelereng dan beberapa permainan tradisional lainnya. “Ini merupakan upaya pemerintah mengakomodasi kerinduan masyarakat terhadap permaian tradisional,” ujar Heri.

    Menurut dia, kaulinan budak lembur (permainan tradisional) sudah mulai terkikis modernisasi. Sebagian anak zaman sekarang, tak lagi mengenal permainan yang dulu pernah tersohor itu.

    Makanya, sambung dia, ruang khusus tersebut disediakan sebagai upaya pemerintah memperkenalkan kembali permainan"permainan tradisional.

    Selain sarana permainan tradisional, lokasi tersebut juga dilengkapi dengan sarana edukasi. Sasarannya, masyarakat yang berminat mempelajari pembuatan makanan dan kerajinan yang berlatar etnik. Misalnya, cara pembuatan kerajinan anyaman bambu dan makanan khas desa.

    Heri menambahkan, untuk bisa bermain Kaulinan Budak Lembur, Taman Pasanggaran Padjdjaran ini bisa dinikmati masyarakat setiap hari Minggu. Tak sekadar menyediakan fasilitas ruang publik, pemerintah melengkapinya dengan alat-alat permainan. [gin]