• Industri Film Bandung Butuh Pemodal

    Oleh : Doni Ramdhani03 Januari 2018 20:40
    INILAH, Bandung - Bandung diakui banyak pihak sebagai salah satu gudang pemain dan pelaku industri film mumpuni. Namun, Festival Film Bandung (FFB) mengaku hingga saat ini produksi film di Bandung masih relatif jauh dari lirikan pemodal.

    Padahal, Ketua Umum FFB Eddy D Iskandar mengatakan potensi peminat film di Bandung cenderung tinggi. Keberadaan komunitas kreatif asal Bandung tidak bisa dipandang sebelah mata.

    "Kalau bicara potensi, anak muda Bandung ini kuat dan bisa berkarya. Kekurangannya, mereka tidak bisa meyakinkan investor untuk mendanai produksi film yang akan dibuat. Padahal, (pemodal) itu penting dalam film," kata Eddy usai Ngobrol Film Bersama Jim Adhi Limas di Bandung, Rabu (3/1).

    Menurutnya, pelaku dan insan film asal Bandung relatif tidak bisa merebut kesempatan yang lebih tinggi. Mereka kebanyakan merasa puas dengan bisa berkarya di tataran komunitas. Beda halnya dengan insan film asal Yogyakarta yang mendapat pengakuan dari Festival Film Indonesia (FFI) dan festival internasional.

    Selain itu, bekal imu perfilman di Bandung pun relatif tertinggal dengan kota lain di Tanah Air ini. Dia menyebutkan, ilmu perfilman dari kalangan praktisi dan kaum profesional itu diakuinya masih terhalang 'dinding tebal'.

    Eddy menyebutkan, industri film sebagai salah satu subsektor ekonomi kreatif sebenarnya bisa menggerakkan roda perekonomian Bandung. Dikarenakan kota Kembang ini merupakan ibu kota provinsi, perekonomian Jabar pun bisa terangkat ke tingkat yang lebih tinggi.

    "Saya mengapresiasi positif atas diresmikannya gedung Creative Hub di Bandung ini. Saya harap, dari sini bisa lahir kreator-kreator baru di semua unsur kesenian," imbuhnya.

    Sementara itu, Jim Adhi Limas sebagai subjek utama diskusi tersebut mengaku optimistis dengan potensi Bandung. Dia mengatakan, dalam sosok anak muda itu selalu ada harapan.

    Namun, untuk meningkatkan kekuatan menguasai diri itu dibutuhkan bekal dan kemauan kuat. Dalam hal ini, aktor profesional Prancis asal Bandung itu mengakui hal tersebut tidak bisa hanya mengandalkan bakat saja.

    "Bakat itu penting tapi tidak mutlak. Untuk bisa mencapai kesuksesan, sangat dibutuhkan kemauan kuat dalam diri seseorang," ucap pendiri Studiklub Teater Bandung (STB) itu. [jek]

    Tags :
    # #


    Berita TERKAIT