• Headline

    Metode Hapal Al-Quran ala Gaza akan Dikembangkan di Indonesia

    Oleh : Daulat Fajar Yanuar25 Februari 2018 17:20

    INILAH, Jakarta - Keberanian dan ketegaran rakyat Gaza, Palestina, dalam menghadapi penjajahan negara Zionis Israel selama puluhan tahun rupanya menyimpan rahasia yang sangat sederhana tetapi sangat powerfull yaitu kedekatan mereka dengan Al-Quran dalam keseharian mereka.

    Tak terelakkan lagi Al-Quran memang bagian dari umat Islam dan di negeri Palestina sana warganya terbiasa hidup berdekatan dengan Kitab Suci itu dengan cara menghapalnya juz demi juz hingga mereka menyandang gelar hafidz Al-Quran.

    Metode yang diterapkan pun memiliki cara tersendiri, sehingga warga Gaza dapat dengan cepat menghapalnya. Nah, cara itu akan coba disebarluaskan di Nusantara melalui kerjasama antara lembaga kemanusiaan Sadaqa dan Pengurus Pusat Ikatan Dai Indonesia (PP Ikadi).

    Ketua Umum PP Ikadi, Ahmad Satori Ismail, mengatakan, metode penghapalan Al-Quran ala Gaza akan dikembangkan di 32 provinsi dan 350 kabupaten/kota di Indonesia yang memiliki perwakilan pengurus Ikadi.


    "Dalam dakwah harus mengembangkan prinsip bekerja sama dalam kebaikan dan ketaqwaan, maka saat Sadaqa mengajak bekerja sama dalam pengembangan metode menghafal Alquran ala Gaza ini, Ikadi sangat tertarik dan terbuka," kata Ismail kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

    KH Satori mengatakan, untuk mengembangkan metode menghafal Alquran ala Gaza, Sadaqa akan menghadirkan pembicara dari Darul Qur'an Wa Sunnah di Gaza. Peserta yang ikut program menghafal Alquran ala Gaza rencananya dimulai dari para dai dan guru menghafal Alquran.

    "Namun, bisa juga pesertanya dari kalangan masyarakat umum," ujarnya.

    Sementara Direktur Utama Sadaqa, Afwan Riyadi, mengatakan, metode ala Gaza yang dijalankan Darul Quran wa Sunnah sudah berjalan selama lebih dari 10 tahun dan telah melahirkan ribuan penghapal Al-Quran setiap tahunnya.

    Mantan personel grup nasyid Izzatul Islam itu berharap, pengembangan metode hapal Al-Quran ala Gaza tidak hanya dapat melahirkan ribuan hafidz setiap tahunnya di Indonesia tetapi juga membawa keberkahan bagi Nusantara selayaknya di Gaza dan negeri-negeri Syam lainnya.

    "Al-Quran merupakan sumber inspirasi mereka dalam bertahan hidup di tengah-tengah gempuran zionis. Diharapkan inspirasi ini turut memberikan pengaruh ke Indonesia terutama dari segi keberkahan Al-Quran," pungkasnya.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT