• Pendanaan Partai Politik Perlu Diatur

    Oleh : Daulat Fajar Yanuar05 Agustus 2018 15:13
    INILAH, Jakarta - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mengatakan, konstitusi Indonesia saat ini masih jauh dari harapan karena masih banyaknya praktik korupsi yang terjadi di mana-mana.

    Untuk itu salah satu usulan yang menjadi tujuan utama amandemen konstitusi yakni pentingnya mengatur pendanaan partai politik, sehingga jelas dan transparan penggunaannya.

    "Biaya partai politik tinggi dan tidak ditanggung negara, itu jalan keluarnya nanti bagaimana. Kalau tidak diatur nanti bisa habis orangnya ditangkapi KPK," kata Zulkifli dalam acara ' Apa Kata Mereka Tentang Konstitusi Indonesia?' di Jakarta, kemarin.

    Zulkifli melanjutkan, perlu dilakukan penyempurnaan sistem ketatanegaraan agar nantinya sistem-sistem yang lama diperbaharui dan semakin bersifat transparan.

    Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menjelaskan, dengan pembaharuan sistem, akan mudah menegakkan konstitusional yang berujung pada kesejahteraan rakyat.

    "Bentuk pentingnya penyempurnaan sistem ketatanegaraan kita melalui UUD 1945 apakah negeri kita sudah oke atau perlu penyempurnaan," katanya.

    TAG :


    Berita TERKAIT