• Marquez Bisa Dominan Seperti Rossi

    Oleh : Budi Syafaat20 Oktober 2016 03:20
    •  Share
    •  Tweet
    SETELAH jadi kampiun 2016, Marc Marquez diprediksi bisa terus mendominasi MotoGP musim-musim depan seperti yang dulu pernah dilakukan Valentino Rossi.

    "Dominasi Marc Marquez di musim 2016 pantas diapresiasi dengan mengangkat topi," tulis mantan bintang 500cc Randy Mamola, mengawali prediksi tersebut dalam kolomnya di Motorsport.com.

    Menurut pebalap yang aktif di balapan grand prix motor periode 1979-1992 itu, Marquez sudah dengan sempurna menjalani musim ini, padahal motor Honda di atas kertas juga masih kalah mumpuni dari Yamaha atau bahkan Ducati khususnya di awal musim.

    "Memastikan titel dengan tiga seri tersisa dengan cara meyakinkan seperti itu pantas membuat pemuda tersebut dapat pengakuan, ia juga sudah lebih berkembang dan memperlihatkan kematangan luar biasa buat seseorang yang masih 23 tahun," sebutnya.

    "Marc bersaing dengan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, yang termasuk sebagai dua rider terhebat sepanjang masa, dan walaupun usianya yang jauh lebih muda dari mereka dan memulai musim dengan modal terburuk, ia sudah membuat kesalahan paling sedikit dibandingkan dua pebalap Yamaha tersebut," tutur Mamola.

    Menurut rider yang pernah membela tim Suzuki, Yamaha, Honda, dan Cagiva tersebut, pengembangan motor saat ini menjadi salah satu kunci penting dalam hasil akhir dalam perjalanan sebuah musim.

    Dalam konteks itu Honda sudah melakukannya dengan baik, secara khusus dengan kembalinya Michelin. Di sisi lain ada pula faktor rider yang menjadi kunci penting lain.

    "Mengenai faktor manusia, kita sudah melihat Marc yang amat matang, tapi secara bersamaan ia juga tak gentar menghadapi duel-duel sengit. Untung buat para penggemar, itulah yang paling senang ia lakukan," ujar Mamola.

    Rossi punya koleksi tujuh gelar juara dunia kelas primer, dengan lima di antaranya ia raih secara beruntun pada 2000-2005 (satu 500cc, empat MotoGP).

    Ia juga punya dua titel juara dunia lain, masing-masing dari kelas 125cc dan 250cc. Marquez sendiri saat ini sudah punya tiga titel MotoGP dalam empat musim keikutsertaannya di kelas primer. (bsf)