• Headline

    Inilah Reaksi Pembalap F1 Soal Tingkah Hamilton

    Oleh : Budi Safaat30 November 2016 00:30
    INILAH, Bandung - Tak semua orang menghujat Lewis Hamilton. Pembelaan, datang dari sesama pebalap Formula 1, Max Verstappen. Apa katanya?

    Hamilton memperlambat laju mobil di putaran-putaran akhir ketika tengah memimpin balapan. Itu, karena kemenangan saja belum bisa menjamin dirinya jadi kampiun. Hamilton juga perlu Nico Rosberg finis di luar podium.

    Dengan taktik tersebut Hamilton berharap Rosberg, rekan setimnya di Mercedes, akan disalip Sebastian Vettel (Ferrari) atau dua pebalap Red Bull, yakni Verstappen dan Daniel Ricciardo.

    Pada akhirnya Hamilton melintasi garis finis sebagai pemenang balapan tapi titel juara dunia menjadi milik Rosberg berkat finis kedua. Taktik itu sendiri membuat Hamilton jadi sorotan, bahkan dari timnya sendiri.

    Pun begitu, Hamilton tetap dapat dukungan. Setelah sebelumnya dari bos Red Bull Christian Horner, Verstappen pun ikut menyuarakan hal serupa. Ia bahkan blak-blakan mengaku bisa saja mengopi taktik serupa jika berada dalam posisi Hamilton.

    "Saya pikir Lewis berusaha mendorong kami (mendekati Rosberg) dan mungkin saya pun akan melakukan hal serupa," kata Verstappen di Crash.net.

    "Anda harus mengusahakan hal-hal semacam ini untuk menjadi juara," tutur pebalap yang akhirnya finis keempat di Sirkuit Yas Marina dengan terpaut 1,685 detik dari Hamilton.

    Di sisi lain, Hamilton dikritik legenda hidup F1, Sir Jackie Stewart. "Ia harus bertindak sebagai pemain tim," ucap Stewart dalam acara Alan Brazil Sports Breakfast di talkSPORT.

    Stewart menilai harusnya Hamilton bertindak sebagai seorang profesional. "Ia dibayar sepuluhan juta poundsterling untuk balapan di tim yang mungkin paling kaya di F1," serangnya. [jek]



meikarta.. the world of ours